Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

HerStory Indonesia Kupas Tuntas Pentingnya Peran Perempuan di Dunia Teknologi dan Digital

HerStory Indonesia Kupas Tuntas Pentingnya Peran Perempuan di Dunia Teknologi dan Digital Kredit Foto: HerStory
Warta Ekonomi, Jakarta -

Perlu kita ketahui bahwa perempuan memiliki peran penting bagi pembangunan ekonomi seperti meningkatkan produktivitas, diversifikasi ekonomi, dan kesetaraan pendapatan.

Di dalam meningkatkan ekonomi Indonesia, peran perempuan dapat dilihat dari beberapa aspek, salah satunya digital dan teknologi. Akan tetapi ada beberapa tantangan yang kita hadapi, misalnya masih rendahnya porsi tenaga kerja perempuan di bidang teknologi.

Baca Juga: HerStory Beri Apresiasi Perusahaan Ramah Pekerja Perempuan, Ini Daftarnya!

Perempuan juga memiliki peran yang sangat penting dalam kepemimpinan.Hal ini dikarenakan kepemimpinan perempuan sangat berkaitan erat dengan terakselerasinya Sustainability Development Goals (SDG) tujuan kelima yaitu kesetaraan gender.

Pemimpin Redaksi HerStory Indonesia, Clara Aprilia Sukandar dalam Webinar Leadership: “Women's Role On Advancing Digital and Technology in Indonesia”, Kamis (20/1/2022) mengatakan, jika membahas tentang perekonomian di Indonesia, ada banyak sekali faktor yang mendorong pemulihan ekonomi di Tanah Air, salah satunya adalah mengandalkan peran perempuan.

“Di Indonesia peran perempuan sangatlah masif dan tak bisa dianggap remeh atau dipandang sebelah mata lagi. Sejatinya peran perempuan di dalam meningkatkan ekonomi Indonesia dapat dilihat dari beberapa aspek, salah satunya adalah aspek digital dan teknologi. Terlebih lagi prospek ekonomi digital di Indonesia ini di masa depan sangatlah besar,” ujar Clara.

Kemudian Clara juga menjelaskan bahwa peran perempuan sangatlah penting dalam mengakselerasi dan juga meningkatkan nilai ekonomi digital di Indonesia. Dari tahun ke tahun angka ekonomi digital terus mengalami peningkatan, contohnya saja dari tahun 2020 ke tahun 2021 kemarin nilai ekonomi internet melonjak hampir 50% yakni mencapai 70 miliar dolar dan diprediksi akan meningkat lagi sebesar 20% pada tahun 2025 mendatang mencapai 146 miliar dolar.

“Untuk mencapai proyeksi ekonomi digital tersebut perempuan Indonesia masih menghadapi beberapa tantangan besar salah satunya adalah work force atau porsi tenaga kerja perempuan di bidang teknologi masih tergolong kecil jika dibandingkan dengan negara lain,” tutur Clara.

Untuk itu, HerStory sebagai media perempuan turut menjalankan peran dan Ikut andil dalam memberdayakan perempuan di dunia kerja. HerStory juga terus mendukung berbagai upaya pemerintah untuk memperkecil gap atau bahkan menghapus gap antara perempuan dan laki-laki di dunia kerja dan juga fokus terhadap kesetaraan gender.

“Dengan webinar hari ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi mengakselerasikan kesetaraan gender seperti di bidang digital dan teknologi dan kepemimpinan agar Indonesia dapat semakin lebih maju ke depannya. Semoga Indonesia dapat melewati tantangan tantangan yang ada untuk memajukan perekonomian nya dapat terus memberdayakan perempuan di berbagai sektor khususnya digital dan teknologi dan juga para perempuan tanah air dapat terus mengeksplorasi kemampuannya dapat terus berprestasi dan juga berkarya,” tukasnya.

Di kesempatan yang sama, sebagai salah satu pembicara di Webinar Leadership: “Women's Role On Advancing Digital and Technology in Indonesia”, Endang Pertiwi selaku SPV Hubungan Kelembagaan PT Pegadaian mengatakan bahwa Pegadaian akan terus berkembang mengikuti digitalisasi zaman agar produk-produknya bisa dinikmati oleh masyarakat dengan mudah.

Halaman:

Editor: Alfi Dinilhaq

Tag Terkait:

Bagikan Artikel:

Video Pilihan