Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

KOL Stories x Handoko Hendroyono: Apakah UMKM Naik Kelas Hanya Sekadar Imajinasi?

KOL Stories x Handoko Hendroyono: Apakah UMKM Naik Kelas Hanya Sekadar Imajinasi? Kredit Foto: Instagram/Handoko Hendroyono
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pemerintah terus mendorong Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk melakukan percepatan formalisasi dan digitalisasi agar bisa naik kelas, bahkan go global

Karena dengan UMKM masuk sektor formal maka profil pengusahanya jelas dan catatan usahanya transparan, sehingga bisa mendapatkan bantuan dari stimulus pemulihan ekonomi nasional (PEN), akses pendanaan kredit bersubsidi perbankan, pembinaan yang tepat, serta peluang order besar dari BUMN maupun kementerian/lembaga (K/L).

Pemerintah termasuk BUMN perlu bersi nergi dengan kalangan dunia usaha mulai dari Kadin Indonesia, Asosiasi UMKM Indonesia, hingga perusahaan startup untuk mendorong scaling up UMKM.

Baca Juga: KOL Stories x Wayan Yoga Arsana: Belum Terlambat, Ini Cara Menyusun Strategi Investasi di Tahun 2022

Pasalnya, sinergi untuk membantu UMKM naik kelas ini sangat penting, karena hingga kini masih sedikit sekali yang akhirnya bisa tumbuh menjadi usaha besar.

Berdasarkan data dari Kementerian Koperasi dan UKM serta Asosiasi UMKM Indonesia mencatat, usaha menengah di Indonesia baru sekitar 60.700, dari total 64,2 juta UMKM. 

Nah, ternyata usaha besar baru sekitar 9.000 dan yang menjadi perusahaan terbuka tidak sampai 1.000, yakni baru sebanyak 761 menurut catatan Bursa Efek Indonesia hingga kemarin.

Usaha besar di Tanah Air ini perlu diperbanyak, karena mereka punya modal besar, mampu mengakses teknologi terbaru, dan SDM lebih bagus. Hal ini bisa membuat produk-produk kita bersaing di pasar global, sehingga meningkatkan ekspor dan mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

Untuk itu, Warta Ekonomi melalui KOL Stories akan membahas “Apakah Slogan UMKM Naik Kelas Hanya Sekedar Imajinasi?” dengan Handoko Hendroyono yang merupakan CEO sekaligus Founder dari Mbloc, Posbloc, Filosofi Kopi, dan Kebun Ide. Selain pebisnis, Ia juga seorang creative storyteller, pakar periklanan, penulis, produser, hingga brand activist.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Bagikan Artikel: