Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tokopedia Bantu Coffeenatics Asal Medan Tetap Maju di Masa Pandemi

Tokopedia Bantu Coffeenatics Asal Medan Tetap Maju di Masa Pandemi Kredit Foto: Khairunnisak Lubis
Warta Ekonomi, Medan -

Inisiatif Hyperlocal yang digencarkan Tokopedia membawa dampak positif di berbagai daerah, termasuk UMKM yang ada di Sumatera Utara dan Medan. Salah satunya Coffeenatics, menghadirkan kopi asal Medan yang bangkit dan tumbuh bersama Tokopedia dimasa pandemi.

Senior Lead Regional Growth Expansion (RGX) Tokopedia, Ivander Wijaya mengatakan ada lima kategori tokopedia yang membawa dampak positif yakni makanan dan minuman, kesehatan, rumah tangga, otomotif, dan perawatan diri," katanya, Kamis (24/2/2022).

Baca Juga: Tokopedia Luncurkan Layanan Bayar SPP Lewat Warung Mitra

Dikatakannya, lima kategori ini menjadi peningkatan transaksi paling tinggi di Sumatera Utara pada 2021 dibandingkan dengan 2020. Kemudian ada Program turunan inisiatif Hyperlocal seperti Kumpulan Toko Pilihan (KTP), Digitalisasi Pasar, Sekolah Kilat Seller, Tokopedia Nyam dan masih banyak lainnya, merupakan upaya Tokopedia untuk mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat.

“UMKM lokal di berbagai daerah, seperti Coffeenatics, kini bisa punya kesempatan yang sama untuk terus bangkit dan bertumbuh. Jadi mereka tidak perlu lagi pindah ke Ibukota untuk menjadi juara,” ujarnya.

Salah satu UMKM biji kopi lokal dari Medan yang bergabung di Tokopedia, Harris Hartanto Tan dan rekannya Norita Chai membuka kafe Coffeenatics di Medan yang menghadirkan specialty coffee pada tahun 2015.

“Tokopedia sangat membantu kami dalam beradaptasi terutama selama awal pandemi. Sepanjang 2021, peningkatan transaksi Coffeenatics mencapai 350% dibandingkan tahun 2020. Jangkauan kami pun semakin luas bahkan bisa sampai Papua,” ujarnya.

Coffeenaticspun rutin mengikuti sederet program yang dihadirkan Tokopedia, di antaranya Waktu Indonesia Belanja (WIB), Kumpulan Toko Pilihan (KTP), #SatuDalamKopi hingga kegiatan offline yang di-online-kan Tokopedia, seperti Jakarta Coffee Week 2020.

"Coffeenatics juga turut mendorong tumbuh kembang petani kopi lokal melalui program adopsi ladang yang telah dilaksanakan di beberapa wilayah, termasuk Aceh, Simalungun, Karo hingga Kintamani di Bali,"ujarnya.

Baca Juga: Tokopedia Genjot Transaksi UMKM Jabar Lebih dari Dua Kali Lipat Selama 2021

Bahkan, Coffeenatics juga turut mendukung pelestarian habitat primata owa hitam atau siamang melalui penjualan kopi ‘Siamang Forest’.

“Harapannya kami bisa mendorong para petani kopi lokal menjadi semakin sejahtera agar bisa terus berkembang di negeri sendiri. Kami mengajak lebih banyak masyarakat untuk berani berbisnis, sekaligus menjadi penyedia kopi berkualitas yang dapat mengharumkan nama Indonesia,” pungkasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Khairunnisak Lubis
Editor: Aldi Ginastiar

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: