Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ahok Minggir Dulu, Ini Nama Calon Kuat Kepala Otorita IKN Nusantara, Sudah di Tangan Jokowi

Ahok Minggir Dulu, Ini Nama Calon Kuat Kepala Otorita IKN Nusantara, Sudah di Tangan Jokowi Kredit Foto: Instagram/I Nyoman Nuarta
Warta Ekonomi, Jakarta -

Presiden Jokowi dikabarkan akan segera melantik Kepala Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, pekan depan. Gosipnya, nama yang sudah ada di kantong Jokowi adalah Bambang Susantono.

Bambang yang akan mengakhiri jabatannya sebagai Vice President Knowledge Management and Sustainable Development Asian Development Bank (ADB) pada Juli 2022, adalah Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Perhubungan di masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono.

Baca Juga: Agustin Teras Narang: Kepala Otorita IKN Harus Mampu Rangkul Masyarakat Sekitar

Kala itu, Evert Ernest Mangindaan mengundurkan diri karena terpilih menjadi anggota DPR periode 2014-2019.

Bambang yang lahir di Yogyakarta pada 4 November 1963, sebelumnya menjadi Wakil Menteri Perhubungan pada Kabinet Indonesia Bersatu II periode 2010-2014.

Dia dikenal sebagai pakar perencanaan infrastruktur dan transportasi. Ia diangkat sebagai Wakil Menteri Perhubungan pada tahun 2009 dengan tugas membantu Menteri Perhubungan, dalam membenahi sektor transportasi di Indonesia.

Selain itu, ia juga pernah menjabat sebagai Deputi Menko Perekonomian Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah pada tahun 2007-2010.

Untuk mengurai masalah transportasi, Ketua Umum Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) periode 2004-2010 jebolan ITB dan Universitas California, lebih menekankan pada sistem transportasi yang humanis.

Di tingkat internasional, Bambang pernah menjabat sebagai Vice President East Asia Society of Transportation Studies (EASTS) dan hingga kini menjadi anggota Board of Trustees untuk The Southsouth North Foundation di Johannesburg, Afrika Selatan, yang bergerak di bidang perubahan iklim dan lingkungan.

Bambang juga pernah menjabat sebagai Komisaris utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk.

Di sela-sela kesibukannya, ia masih sempat mengajar dan membimbing tesis di Program Pasca Sarjana Bidang Ilmu Teknik Universitas Indonesia.

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Rakyat Merdeka.

Editor: Alfi Dinilhaq

Bagikan Artikel:

Video Pilihan