Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Apple, Netflix, TikTok Menyerang Balik Konten Media Pemerintah Rusia, Begini Isinya

Apple, Netflix, TikTok Menyerang Balik Konten Media Pemerintah Rusia, Begini Isinya Kredit Foto: Reuters/Belta/Vadim Yakubyonok
Warta Ekonomi, Los Angeles -

Beberapa bisnis Hollywood dan Silicon Valley terkemuka menjauhkan diri dari program negara Rusia di tengah kekhawatiran tentang proliferasi propaganda Rusia dan disinformasi seputar invasi ke Ukraina.

Apple, Netflix, TikTok, dan perusahaan induk Facebook, Meta, adalah perusahaan media Amerika Serikat terbaru yang merespons krisis di Eropa Timur, tulis Los Angeles Times.

Baca Juga: Prajurit Rusia Kirim Pesan ke Orang Tua Sebelum Dibunuh dalam Invasi: Ibu Aku Takut

Netflix, yang terdaftar sebagai layanan audiovisual di Rusia pada bulan Desember, diharapkan mematuhi undang-undang yang mengharuskan layanan streaming untuk membawa 20 saluran televisi federal Rusia, termasuk Channel One dan program dari Gereja Ortodoks Rusia di Rusia, menurut Waktu Moskow. Outlet tersebut melaporkan pada 21 Desember bahwa undang-undang tersebut akan memengaruhi Netflix pada bulan Maret.

Pada Senin (28/2/2022), Netflix mengatakan tidak akan mengikuti aturan tersebut.

“Mengingat situasi saat ini, kami tidak memiliki rencana untuk menambahkan saluran ini ke layanan kami,” kata Netflix dalam sebuah pernyataan.

Apple pada hari Selasa mengatakan menghentikan semua penjualan produk di Rusia dan membatasi Apple Pay dan layanan lainnya di negara tersebut. Di luar Rusia, outlet berita RT dan Sputnik, yang secara luas diyakini dikendalikan oleh pemerintah Rusia, tidak lagi tersedia untuk diunduh di App Store. Apple mengatakan juga telah menonaktifkan insiden lalu lintas di Apple Maps di Ukraina.

"Kami sangat prihatin dengan invasi Rusia ke Ukraina dan mendukung semua orang yang menderita akibat kekerasan tersebut," kata Apple dalam sebuah pernyataan. “Kami akan terus mengevaluasi situasi dan berkomunikasi dengan pemerintah terkait tentang tindakan yang kami ambil. Kami bergabung dengan semua orang di seluruh dunia yang menyerukan perdamaian.”

Dukungan dari bisnis AS ke Ukraina datang pada saat sentimen publik terhadap invasi Rusia tetap kuat dan mata uang Rusia terus menurun nilainya terhadap dolar.

"Ini adalah kecaman global atas apa yang telah dilakukan Rusia," kata Rob Enderle, analis utama di perusahaan jasa penasihat Enderle Group. “Optik untuk secara aktif menjual di negara yang sekarang sangat dibenci mungkin akan lebih merusak merek mereka daripada penjualan yang baik bagi mereka.”

Beberapa perusahaan lain juga telah mengambil tindakan terhadap outlet yang berafiliasi dengan Rusia.

Meta, perusahaan induk dari aplikasi media sosial populer Facebook dan Instagram, membatasi akses ke media pemerintah Rusia, seperti RT, di Ukraina dan di seluruh Uni Eropa.

RT, yang dibiayai oleh Federasi Rusia, meluncurkan saluran berita internasional pertamanya pada tahun 2005 dan sekarang tersedia di lebih dari 100 negara, menurut situs webnya. Perusahaan media itu mengatakan memiliki sembilan saluran TV dan mengklaim "menciptakan berita dengan keunggulan bagi pemirsa yang ingin Mempertanyakan Lebih Banyak."

Baca Juga: Ini yang Terjadi pada Industri Perfilman Rusia Setelah Hollywood Ambil Langkah Berani

“RT meliput kisah-kisah yang diabaikan oleh media arus utama, memberikan perspektif alternatif tentang urusan terkini, dan memperkenalkan sudut pandang Rusia kepada audiens internasional tentang peristiwa-peristiwa global besar,” kata outlet itu di situs webnya.

Tetapi politisi dan pengamat industri telah menyuarakan keprihatinan bahwa RT menyimpan propaganda Rusia.

“Ini jelas merupakan corong pemerintah Rusia,” Kathryn Stoner, seorang profesor ilmu politik Universitas Stanford dan penulis “Russia Resurrected: Its Power and Purpose in a New Global Order,” mengatakan kepada The Times pekan lalu.

Wakil presiden Meta untuk urusan global Nick Clegg mengatakan bahwa perusahaan sekarang menurunkan konten yang diposting oleh media Rusia yang dikendalikan negara, “membuat mereka lebih sulit ditemukan di seluruh platform [perusahaan],” dan telah membatasi akses ke RT dan Sputnik di Ukraina dan Uni Eropa.

Prioritas perusahaan, kata Clegg, “adalah untuk memastikan bahwa orang dapat terus menggunakan aplikasi dan layanan kami dengan aman dan terlindungi,” termasuk di Rusia. Perusahaan telah menerima pukulan balik dari otoritas Rusia untuk pos pemeriksaan fakta yang dibuat oleh media yang dikelola pemerintah Rusia dan telah memblokir media tersebut untuk mendapatkan pendapatan iklan di platformnya.

RT dan Sputnik tidak segera menanggapi permintaan komentar. Dalam sebuah pernyataan yang diberikan kepada CNN, Wakil Pemimpin Redaksi RT Anna Belkina, menolak kritik oleh orang lain dari outletnya. 

“Ketika menyangkut suara Rusia, atau hanya perspektif yang berbeda, itu tidak diperbolehkan ada di ruang media yang bebas,” kata Belkina dalam sebuah pernyataan, yang dikutip oleh CNN.

Snap, perusahaan induk dari aplikasi media sosial Snapchat, pada hari Selasa mengatakan telah menghentikan semua iklan yang berjalan di Rusia, Belarus dan Ukraina dan “menghentikan penjualan iklan ke semua entitas Rusia dan Belarusia dan mematuhi semua sanksi yang menargetkan bisnis dan individu Rusia. ”

TikTok mengkonfirmasi bahwa mereka secara geografis memblokir akses ke akun media RT dan Sputnik di Uni Eropa.

Baca Juga: Bioskop Rusia Kian Sepi, Paramount Pictures Resmi Setop Kirim Film-filmnya

YouTube mengatakan juga memblokir saluran yang terhubung ke RT dan Sputnik di seluruh Eropa "segera efektif" karena perang di Ukraina. Perusahaan induk YouTube, Google mengonfirmasi bahwa media yang didanai pemerintah Rusia tidak akan lagi memenuhi syarat untuk berada di Google News. Google juga menonaktifkan sementara beberapa fitur di Google Maps di Ukraina seperti seberapa sibuknya tempat-tempat tersebut “untuk membantu melindungi keselamatan komunitas lokal dan warganya.”

Roku pada Selasa (2/3/2022) mengatakan akan menghapus RT dari Toko Saluran Roku.

DirecTV pada hari Selasa mengatakan tidak akan lagi menawarkan RT di AS pada Satelit DirecTV dan U-Verse.

“Sejalan dengan perjanjian kami sebelumnya dengan RT America, kami mempercepat batas waktu berakhirnya kontrak tahun ini dan tidak akan lagi menawarkan program mereka segera efektif,” kata DirecTV dalam sebuah pernyataan.

Tetapi beberapa kritikus mengatakan bahwa perusahaan teknologi dapat mengambil langkah yang lebih kuat terhadap disinformasi Rusia dan memperingatkan bahwa konten yang menyesatkan dapat muncul di tempat lain.

Dalam sebuah posting Facebook hari Selasa (2/3/2022), RT mengakui bahwa itu diblokir oleh perusahaan teknologi dan mendorong orang untuk melihat kontennya di platform yang berbeda, Odysee.

"Kami hidup dan menendang platform video kebebasan berbicara Odysee, terus mempromosikan kebebasan atas penyensoran, kebenaran di atas narasi," kata RT dalam sebuah posting Facebook.

Baca Juga: Selain Eks Miss Ukraina, Pesohor Ini Angkat Senjata Melawan Rusia

Perusahaan hiburan lain mengambil sikap dengan menangguhkan distribusi konten mereka dari Rusia.

Walt Disney Co., Universal Pictures dan Sony mengatakan mereka akan menghentikan rilis teater mereka di Rusia, dan Warner Bros. mengatakan tidak akan merilis film mendatang "The Batman" di Rusia. Paramount Pictures mengatakan juga akan menghentikan rilis teater film-film mendatang di Rusia, termasuk "The Lost City" dan "Sonic the Hedgehog 2."

Film Assn. mengutuk invasi Rusia ke Ukraina.

“Atas nama perusahaan anggota kami, yang memimpin industri film, TV, dan streaming, kami menyatakan dukungan terkuat kami untuk komunitas kreatif Ukraina yang dinamis, yang, seperti semua orang, layak untuk hidup dan bekerja dengan damai,” kata asosiasi tersebut dalam sebuah pernyataan. “Kami akan terus memantau situasi, bekerja sama dengan anggota dan mitra kami di seluruh sektor kreatif global.”

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: