Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tumbuh 13%, Belanja Iklan Sepanjang 2021 Menembus Rp259 Triliun

Tumbuh 13%, Belanja Iklan Sepanjang 2021 Menembus Rp259 Triliun Kredit Foto: Unsplash
Warta Ekonomi, Jakarta -

Hasil riset Nielsen menyebut total belanja iklan sepanjang 2021 mencapai Rp259 triliun atau meningkat 13% dari tahun sebelumnya.

Menurut Direktur Eksekutif Nielsen Indonesia Hellen Katherina porsi belanja iklan masih didominasi televisi, yakni 78,2%. Disusul channel digital 15,9%, media cetak 5,5%, dan radio 0,4%.

“Televisi masih menjadi saluran iklan utama karena sifatnya yang dapat menjangkau audiens lebih banyak dalam waktu bersamaan. Sementara itu, kemudahan kustomisasi channel digital membuat belanja iklannya juga turut beranjak naik. Peningkatan ini menandakan bahwa kepercayaan untuk beriklan di tengah pandemi masih tinggi,” Kata Hellen.

Sepanjang 2021, Nielsen menemukan pertumbuhan positif pada 9 dari 10 kategori yaitu online services, facial care, hair care, coffee and tea, snacks, clove cigarettes, seasonal condiments, liquid milk, dan instant food and noodles.

Pertumbuhan tertinggi dicatat oleh kategori online services dengan belanja iklan Rp 42,8 triliun atau naik 67% jika dibandingkan tahun sebelumnya.  Namun, iklan pada kategori government dan political organization mencatatkan penurunan sebesar 4 % karena belum dimulainya periode pesta politik.

Sementara itu Nielsen memperlebar tipe dan jumlah media digital yang dimonitor di layanan Nielsen Digital Ad Intel. Sejak Januari 2022 Nielsen mulai memonitor biaya iklan di media sosial yaitu Facebook, Twitter, dan Instagram.

Nielsen Digital Ad Intel merupakan layanan pengukuran belanja iklan yang sebelumnya telah membantu marketer memantau belanja iklan di Top 200 situs di Indonesia, termasuk di dalamnya 27 channel Youtube dengan trafik yang tinggi.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Boyke P. Siregar

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: