Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ramadan Sebentar Lagi Datang, Nielsen Beberkan Tren Perilaku Konsumen di Bulan Puasa, Simak!

Ramadan Sebentar Lagi Datang, Nielsen Beberkan Tren Perilaku Konsumen di Bulan Puasa, Simak! Kredit Foto: AP Photo/Kris Tripplaar
Warta Ekonomi, Jakarta -

Bulan Ramadan tak dimungkiri memengaruhi perilaku konsumen, baik dari segi aktivitas sehari-hari, maupun jenis media yang dikonsumsi.

Terkait hal ini, Nielsen melakukan studi untuk melihat tren perilaku konsumen saat bulan puasa. Studi ini dilakukan di 11 kota besar di Indonesia.

Baca Juga: Nielsen Ukur Belanja Iklan di Media Sosial, Belanja Iklan Online Services Meningkat 67%

“Sejumlah perilaku konsumen mengalami beberapa perubahan seperti konsumsi media, kebiasaan dalam berbelanja, dan aktivitas olahraga pada periode tersebut," kata Direktur Eksekutif Nielsen Indonesia Hellen Katherina dalam keterangan tertulis yang diterima Warta Ekonomi, Kamis (24/3/2022).

Data dari Nielsen Television Audience Measurement menunjukkan adanya peningkatan konsumsi televisi selama masa Ramadan dibandingkan dengan periode sebelumnya. Masa Ramadan selalu mendorong kepemirsaan televisi, khususnya saat sahur, menjelang berbuka dan setelah salat tarawih. Khusus di jam sahur, peningkatan pemirsa dapat mencapai lebih dari tujuh kali lipat.

Sedangkan jenis program yang menunjukkan peningkatan konsumsi di masa Ramadan tentunya adalah program religious, selain itu ada juga program anak-anak dan hiburan.

Walaupun Ramadan selalu mendongkrak kepemirsaan, tetapi Nielsen juga mencatat angka TV Rating (TVR) di tahun 2021 lalu mengalami penurunan jika dibandingkan dengan masa Ramadan sebelum pandemi di tahun 2019.  Salah satu kemungkinan penyebabnya adalah konsumsi media digital, yang sangat terakselerasi sejak pandemi di tahun 2020. 

Survei Nielsen Consumer and Media View di 11 kota besar menunjukkan adanya peningkatan konsumsi dan waktu menggunakan media digital selama masa Ramadan tahun 2021 dibanding dengan 2019. Masing-masing naik sebesar 24% dan 35%.

Baca Juga: Nielsen dan The Trade Desk Umumkan Kemitraan Pengukuran Data Strategis Baru untuk Internet Terbuka

Nielsen mencatat menonton video, berbelanja online, mendengarkan musik, dan bermain game menjadi aktivitas yang mengalami peningkatan paling signifikan.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Imamatul Silfia
Editor: Aldi Ginastiar

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: