Menjelang Ramadan, terjadi perubahan perilaku transaksi di kalangan konsumen, termasuk di e-commerce. Salah satu platform e-commerce Indonesia, yaitu Tokopedia, mencatat kategori Makanan dan Minuman, Kecantikan, Fesyen, Perawatan Diri, ibu dan Anak, serta Fesyen Anak menjadi kategori yang paling gencar diminati oleh konsumen di masa menyambut Ramadan ini.
Selain sejumlah kategori tersebut, Tokopedia juga mencetak transaksi yang tinggi dari penjualan hampers.
Baca Juga: Pandemi Lahirkan Hobi Baru, Ini Tren Kategori Favorit di Tokopedia pada 2021
"Penjualan hampers meningkat hampir dua kali lipat dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Hampers makanan menjadi yang populer sejauh ini," kata Puput Hidayat, VP of Seller Experience Tokopedia, dalam keterangan tertulis, Jumat (25/3/2022).
Dalam rangka menyambut Ramadan, Tokopedia juga menyiapkan berbagai kampanye yang dapat dimanfaatkan oleh konsumen agar dapat berbelanja kebutuhan Ramadan dengan lebih efisien.
Misalnya, kampanye "Sambut Bulan Puasa" yang menawarkan diskon maupun cashback. Selain itu, ada juga kampanye "Modest on Trend" yang menghadirkan kurasi produk lokal dari para pegiat UMKM fesyen muslim.
"Selain itu, mulai 25 Maret 2022 ini, festival belanja bulanan Tokopedia Waktu Indonesia Belanja (WIB) juga berlangsung, kali ini spesial Ramadan Ekstra. Akan ada banyak sekali penawaran menarik yang bisa membuat belanja jelang atau saat Ramadan menjadi lebih hemat," ungkap Puput.
Tak hanya untuk konsumen, Tokopedia juga menghadirkan program untuk pegiat usaha, yaitu menyiapkan materi edukasi tentang cara mempersiapkan bisnis dengan lebih baik dan matang saat Ramadan. Materi edukasi ini disajikan melalui kurikulum #SIAPRAMADAN2022 yang dapat diakses pada Pusat Edukasi Seller.
Baca Juga: Peluncuran 'Dilayani Tokopedia', Beri Garansi Barang Tiba Maksimal 4 Jam
Kurikulum tersebut tersedia dalam berbagai tingkatan guna menyesuaikan kebutuhan masing-masing pegiat usaha, mulai dari beginner, intermediate, dan advanced. Di dalam kurikulum tersebut terdapat berbagai kelas daring atau webinar yang dapat diikuti oleh pegiat usaha untuk memaksimalkan penjualan selama Ramadan. Para penjual juga dapat memperoleh informasi lengkap lainnya di akun media sosial @tokopediaseller.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Imamatul Silfia
Editor: Aldi Ginastiar