Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Wajib Anda Pelajari! Berikut 5 Cara Mengoptimalkan Aplikasi Kasir

Wajib Anda Pelajari! Berikut 5 Cara Mengoptimalkan Aplikasi Kasir Kredit Foto: Antara/Indrianto Eko Suwarso
Warta Ekonomi, Jakarta -

Terjadinya pandemi akibat virus covid-19 dan perkembangan teknologi yang begitu pesat membuat sistem perdagangan mengalami perubahan besar. Terutama perihal transaksi penjualan yang kini lebih banyak dilakukan secara online.

Sehingga aplikasi kasir online atau POS (point of sale) pun semakin banyak digunakan. Berikut cara mengoptimalkan aplikasi kasir yang perlu dipahami, seperti dirangkum, Rabu (6/4/2022).

Baca Juga: Nggak Pakai Lama Belanja Online di Alfagift, Segini Keunggulannya

Mengoptimalkan Aplikasi Kasir Online

1. Mempelajari Jenis Sistem Aplikasi

Aplikasi POS atau point of sales merupakan sistem penjualan yang mempunyai elemen kasir online. Dimana sistem point of sales tersebut adalah kombinasi antara perangkat lunak dan perangkat keras, yang memungkinkan pelaku usaha untuk menerima sekaligus memproses pembayaran masuk dengan mudah.

Baca Juga: Mulai 1 Ramadan, Pos Indonesia Sebar Gerai di Pusat Perbelanjaan dan Rilis KemasanKhusus!

Itulah kenapa sistem POS ini banyak dimanfaatkan bagi pelaku usaha yang melakukan penjualan online, dimana hal tersebut kini menjadi trend di masa sekarang. Cara kerjanya sendiri yaitu dengan memandu konsumen lewat beberapa langkah yang selanjutnya ditutup dengan pembelian.

Jadi pertama konsumen memilih barang, kemudian sistem akan menampilkan harga atas barang tersebut. Berikutnya konsumen bisa membayar sesuai dengan harga tertera dan sistem menyelesaikan transaksi. Meski begitu, sistem aplikasi kasir tersebut memiliki beberapa jenis yang berbeda tergantung produk yang anda jual.

Beberapa jenis aplikasi POS antara lain sistem POS restoran, sistem POS ritel, serta sistem POS toko kelontong dan toko serba ada. Untuk sistem POS restoran, memiliki interface yang sederhana dan intuitif sehingga dapat mempercepat pesanan pelanggan. Sementara sistem POS untuk penjualan produk ritel biasanya memiliki fitur yang memudahkan untuk mencari item produk tertentu.

2. Mengetahui Aplikasi yang Sesuai Kebutuhan

Cara mengoptimalkan aplikasi kasir berikutnya selain memahami jenis jenisnya yaitu mengetahui yang sesuai dengan kebutuhan bisnis anda. Untuk mengetahui hal ini, ada beberapa pertanyaan yang bisa anda jawab. Pertama, apakah anda membuka usaha baru ? Sebab jika usaha masih baru maka aplikasi POS yang sederhana dan mudah digunakan sudah cukup.

Lalu pertanyaan kedua, apakah anda ingin meningkatkan efisiensi dari mesin kasir lama. Misalnya jika dirasa sistem pembayaran yang digunakan sebelumnya kurang maksimal, maka anda bisa menambahkan fitur tambahan pada aplikasi POS. Contohnya pada software Olsera, bisa ditambahkan dengan pembayaran QRIS yang dapat mempercepat proses pembayaran.

Kemudian pertanyaan ketiga, apakah anda ingin beralih dari sistem POS yang berbeda. Dalam hal ini yang perlu dipikirkan yaitu masalah apa yang tidak bisa dipecahkan oleh sistem POS anda saat itu, dan bagaimana sistem yang baru mungkin dapat menyelesaikan masalah tersebut. Untuk ini, tentu anda perlu membandingkan solusi POS pada berbagai sistem aplikasi.

Editor: Vicky Fadil

Tag Terkait:

Bagikan Artikel:

Video Pilihan