Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Capek Bantah Teori Konspirasi Tentang Vaksin, Bill Gates Sampai Diteriaki di Tengah Jalan!

Capek Bantah Teori Konspirasi Tentang Vaksin, Bill Gates Sampai Diteriaki di Tengah Jalan! Kredit Foto: Reuters/Arnd Wiegmann
Warta Ekonomi, Jakarta -

Miliarder filantropi Bill Gates belum lama ini curhat orang-orang meneriakinya di jalan karena teori konspirasi seputar pandemi COVID-19.

Dalam wawancara luas dengan BBC pada hari Kamis, miliarder pendiri Microsoft ini mengatakan: "Anda hampir harus tertawa karena ini sangat gila."

Mengutip Fortune di Jakarta, Senin (9/5/22) satu teori konspirasi telah mendapatkan daya tarik selama dua tahun terakhir membuat klaim palsu bahwa Gates ingin menggunakan vaksinasi massal untuk menanamkan microchip ke orang sehingga ia dapat melacaknya secara digital. Gates selalu membantah tuduhan tersebut.

Baca Juga: Dituduh Elon Musk Gak Pro Mobil Listrik, Bill Gates: Saya Punya Cara untuk...

Tetapi penolakan Gates belum cukup untuk memadamkan teori konspirasi itu. Pada Mei 2020, jajak pendapat Yahoo/YouGov terhadap 1.640 orang dewasa AS menemukan bahwa hampir satu dari tiga orang percaya teori konspirasi microchip yang dibantah itu benar.

Sementara itu, survei terhadap hampir 5.000 orang dewasa Inggris yang dilakukan pada akhir 2020 oleh King's College London dan University of Bristol menemukan bahwa 8% percaya teori konspirasi, sementara 15% mengatakan mereka tidak tahu apakah itu benar atau salah.

Jajak pendapat YouGov menemukan Juli lalu bahwa satu dari lima orang Amerika percaya bahwa pemerintah AS menggunakan vaksin COVID-19 untuk membuat microchip populasi.

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Bagikan Artikel:

Video Pilihan