Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kisah Orang Terkaya: John Morris, Penjual Alat Pancing yang Jadi Miliarder

Kisah Orang Terkaya: John Morris, Penjual Alat Pancing yang Jadi Miliarder Kredit Foto: Barrons/Johnny Morris
Warta Ekonomi, Jakarta -

Miliarder asal Amerika, John Morris adalah salah satu orang terkaya di dunia. Ia merupakan pendiri dan pemilik mayoritas, serta CEO Bass Pro Shops, rantai ritel berburu dan memancing di AS dan Kanada. Pada Mei 2022, kekayaan bersihnya diperkirakan mencapai USD5,8 miliar (Rp84,3 triliun).

John Morris lahir di Springfield, Missouri pada tahun 1948. Ia menempuh pendidikan di Universitas Drury. Morris mendirikan Bass Pro Shops pada tahun 1972 ketika mulai menjual peralatan memancing di belakang salah satu toko minuman keras Brown Derby milik ayahnya di Springfield. Setelah itu, Morris juga mendirikan White River Marine Group.

Morris membuka Wonders of Wildlife Museum & Aquarium di Springfield pada tahun 2017 dengan dana USD300 juta.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Leo Koguan, Miliarder Fans Elon Musk Kelahiran Indonesia, Berdarah China

Museum ini membantu membawa pengunjung ke toko Bass Pro di sana, dengan lokasi yang sama. Pada September 2017, Bass Pro mengakuisisi Cabela's, pengecer lain barang dagangan luar ruangan, seharga USD4 miliar.

Setelah itu, Morris dan keluarganya diberikan Medali Audubon pada Februari 2019, sebagai pengakuan atas upaya konservasi mereka.

Selain itu, ia juga mendirikan Top of the Rock di Branson, Missouri, yang menampung salah satu koleksi panah dan seni asli Amerika terbesar di wilayah tersebut. Top of the Rock mengalami sinkhole selebar 70 kaki pada 22 Mei 2016.

Bass Pro Group miliknya juga memiliki produsen perahu terbesar di dunia berdasarkan volume, White River Marine Group, yang membuat perahu nelayan dan rekreasi.

Saat ini toko Bass Pro Shops adalah tujuan wisata No. 1 di tiga negara bagian, termasuk toko “kakek” andalannya di Springfield, Missouri yang menyambut lebih dari 4 juta pengunjung setiap tahun dan berada di lima tujuan wisata teratas di sembilan negara bagian.

Kreasi Morris lainnya adalah Uncle Buck's Fishbowl and Grill, restoran bawah laut bertema bahari dengan petualangan bowling bertema laut.

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Bagikan Artikel:

Video Pilihan