Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ridwan Kamil Bantu Wujudkan Rumah Layak Huni Bagi Mak Esih

Ridwan Kamil Bantu Wujudkan Rumah Layak Huni Bagi Mak Esih Kredit Foto: Rahmat Saepulloh
Warta Ekonomi, Bandung -

Mak Esih (85) kini bisa bernafas lega setelah Jabar Quick Response (JQR) menyalurkan dana bantuan perbaikan rumahnya. Mak Esih merupakan potret warga tak mampu yang tinggal di sebuah gubuk reyot di Jalan Baturengat, Kelurahan Cigondewah Kaler, Kecamatan Bandung Kulon, Kota Bandung.

Prosesi penyaluran bantuan dilaksanakan di kantor Kelurahan Cigondewah Kaler disaksikan oleh Lurah Cigondewah Kaler, Kepolisian, LPPM, PKK, tokoh masyarakat dan perwakilan keluarga. Dalam kesempatan tersebut dijelaskan dibentuknya panitia pembangunan rumah Mak Esih dari unsur masyarakat dan aparatur kewilayahan.

Baca Juga: Ridwan Kamil: PPKM Akan Ada Selamanya sampai...

Manager Operasional JQR Nizar Ilyassa mengatakan pihaknya mewakili Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, tim JQR segera menidaklanjuti informasi kemalangan yang ditimpa Mak Esih dengan prosedur verifikasi serta survey. Setelah hasil survey  di lokasi tim segera menindaklanjuti dengan memberikan dana bantuan pembangunan rumah.

"Dana yang diberikan merupakan dana stimulus pembangunan, JQR juga mengajak pihak lainnya untuk ikut berkontribusi membantu Mak Esih agar tinggal di rumah yang layak huni," kata Nizar, kepada wartawan di Bandung, Kamis (12/5/2022).

Nizar menjelaskan, berdasarkan hasil survei diketahui dalam kesehariannya Mak Esih bergantung kepada keluarga, warga sekitar, dan bantuan dari pemerintah. 

Baca Juga: Tiga Wilayah Jabar Butuh Kepala Daerah Baru, Mana Saja?

Pembangunan rumah tersebut akan dilakukan secara gotong royong dari warga setempat. Selama proses pembangunan, Mak Esih akan tinggal di rumah sementara yang disiapkan oleh aparatur kewilayahan.

"Semoga kolaborasi ini menjadi pemantik atau contoh untuk saling gotong royong jika menemukan kejadian serupa di wilayah Cigondewah," pungkasnya

Penulis: Rahmat Saepulloh
Editor: Ayu Almas

Bagikan Artikel:

Video Pilihan