Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Meski Anies Baswedan Memaafkan, Kasus Ruhut Tetap Lanjut

Meski Anies Baswedan Memaafkan, Kasus Ruhut Tetap Lanjut Kredit Foto: Instagram/Ruhut Sitompul
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pengamat hukum Damai Hari Lubis mengomentari pelaporan yang dilakukan sejumlah pihak terhadap Ruhut Sitompul karena mengunggah foto Anies Baswedan. Menurut Damai yang juga mujahid 212 itu, Luhut seakan-akan mengetes dirinya untuk dilaporkan ke polisi.

Damai menilai Ruhut seakan hendak membuktikan dirinya sama seperti Ade Armando yang beberapa kali dilaporkan, tetapi tidak pernah diusut.

Baca Juga: Akhirnya Minta Maaf, Ruhut Sitompul Tak Tahan Dihujat Pendukung Anies Baswedan?

"Mungkin dia (Ruhut) anggap dirinya juga kebal hukum, bukan hanya Ade. Karena dirinya advokat tahu dan mengerti hukum bahwa unggahannya tidak pantas dan melanggar hukum," kata Damai, Kamis (12/5).

Mantan juru bicara Habib Rizieq Shihab ini mengatakan, Ruhut bisa turut terseret kasus meski tidak membuat foto editan Anies Baswedan. "Memang bukan dia yang buat, tetapi dia ikut menyebarkan," ujar Damai.

Pria yang juga berprofesi sebagai advokat ini menyebut kasus terhadap Ruhut ini tetap bisa dilanjutkan meski Anies Baswedan memaafkan. "Perkara Ruhut tetap dapat dilanjutkan jika ada pelapor lainnya, yakni warga DKI Jakarta, ASN Pemprov DKI, dan warga asli Papua," ujar Damai.

Ruhut sudah dilaporkan ke Polda Metro Jaya pada Rabu (11/5) kemarin. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan menyebut laporan teregister dengan nomor LP/B/2299/SPKT/Polda Metro Jaya, tertanggal 11 Mei 2022.

Ruhut Sitompul dilaporkan atas dugaan pelanggaran Pasal 28 Ayat 2 Juncto Pasal 45A Ayat 2 UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan JPNN.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab JPNN.com.

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel:

Video Pilihan