Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Korea Utara Mobilisasi Tentara, Kekuatan Tambahan Lawan Covid-19

Korea Utara Mobilisasi Tentara, Kekuatan Tambahan Lawan Covid-19 Kredit Foto: Reuters/Kyodo
Warta Ekonomi, Seoul -

Lebih dari 10.000 petugas kesehatan dan militer Korea Utara dikerahkan untuk mendistribusikan obat-obatan Covid-19. Kantor media pemerintah KCNA, Selasa (17/5/2022), mengatakan tenaga-tenaga yang ada untuk membantu melacak calon pasien virus corona.

Markas besar pencegahan epidemi darurat negara melaporkan 269.510 lebih banyak orang dengan gejala demam, sehingga total menjadi 1.483.060, sementara jumlah kematian bertambah menjadi 56 pada Senin malam, kata KCNA. Tidak disebutkan berapa banyak orang yang dinyatakan positif Covid-19.

Baca Juga: Tanpa Vaksin, Korea Utara Kampanyekan Kumur Air Garam hingga Ramuan Rumahan buat Lawan Corona

"Kekuatan kuat" dari korps medis tentara segera dikerahkan untuk meningkatkan pasokan obat-obatan di ibu kota Pyongyang, pusat epidemi, mengikuti perintah pemimpin Kim Jong Un, lapor KCNA, dikutip Reuters.

Misi tim itu bertujuan untuk "meredakan krisis kesehatan masyarakat" di Pyongyang.

Beberapa anggota senior dari politbiro Partai Buruh yang berkuasa mengunjungi apotek dan kantor manajemen obat-obatan untuk memeriksa pasokan dan permintaan, kata KCNA dalam pengiriman lain, setelah Kim mengkritik distribusi obat-obatan yang tidak efektif.

"Mereka menyerukan agar dibuat aturan yang lebih ketat dalam menjaga dan menangani perbekalan kesehatan, dengan tetap menjaga prinsip mengutamakan permintaan dan kenyamanan masyarakat dalam perbekalan," kata KCNA.

Upaya penelusuran juga diintensifkan, dengan sekitar 11.000 pejabat kesehatan, guru, dan mahasiswa kedokteran bergabung dalam "pemeriksaan medis intensif terhadap semua penduduk" di seluruh negeri untuk menemukan dan merawat orang yang demam.

Namun, berbagai sektor ekonomi nasional mempertahankan produksi dan konstruksi, sambil mengambil langkah-langkah anti-virus secara menyeluruh, tambah KCNA. Kim telah memerintahkan agar aktivitas terbatas diizinkan di setiap kota dan kabupaten.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel:

Video Pilihan