Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Asyik! Jepang Siap Sambut Turis Asing, Wajib Penuhi Syarat yang Diminta, Jika Membandel Dipulangkan

Asyik! Jepang Siap Sambut Turis Asing, Wajib Penuhi Syarat yang Diminta, Jika Membandel Dipulangkan Kredit Foto: AP Photo
Warta Ekonomi, Tokyo -

Jepang akan kembali membuka pintu wisata bagi turis mancanegara setelah menutupnya selama dua tahun. Namun Negeri Sakura masih tetap akan menerapkan pembatasan dan persyaratan.

Menurut Japan Tourism Agency (JTA), hanya pengunjung dengan paket wisata yang akan diizinkan masuk ke negara tersebut selama fase pertama pembukaan turis asing pada 10 Juni mendatang. Pemandu agen perjalanan harus memastikan para turis mengenakan masker.

Baca Juga: Bintang Dewasa Jepang akan Hadiri Gala Dinner, tapi Terancam Dibatalkan karena...

“Pemandu wisata harus sering mengingatkan peserta tur tentang tindakan pencegahan infeksi yang diperlukan, termasuk mengenakan dan melepas masker, di setiap tahap tur,” kata JTA dalam pedomannya yang dirilis pada Selasa (7/6/2022).

Masker tetap diwajibkan walaupun para turis sedang berada di luar ruangan.

“Di luar ruangan, pemakaian masker harus berlanjut dalam situasi di mana orang berbicara dalam jarak dekat,” kata JTA.

Bulan lalu, Jepang melakukan "tur uji" kelompok sekitar 50 orang. Kebanyakan dari mereka adalah agen perjalanan. Namun salah satu peserta dinyatakan positif Covid-19.

James Jang, agen perjalanan dari Australia yang ikut serta dalam salah satu tur uji coba, mengatakan aturan atau pedoman JTA kemungkinan akan menunda beberapa orang untuk saat ini.

"Klien akan baik-baik saja dengan mengenakan masker di dalam ruangan tetapi memakainya 24 jam itu merepotkan," kata Jang kepada Reuters.

“Biaya memiliki pemandu setiap saat dapat menghalangi klien sampai nanti ketika mereka memiliki lebih banyak fleksibilitas,” kata James menambahkan.

Sementara itu, pemerintah Jepang tak akan segan memulangkan turis asing, jika mereka tak mematuhi aturan yang ditetapkan. Memakai masker wajib hukumnya.

Selama berada di Negeri Sakura, turis asing wajib menjalankan protokol kesehatan (prokes). Tak cuma memakai masker, tetapi juga rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir/hand sanitizer.

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel:

Video Pilihan