India menjadi salah satu negara di Asia yang memiliki pengaruh dalam perkembangan Indonesia hingga kini, mulai dari bahasa, seni hingga budaya. Hal ini juga dibuktikan dengan popularitas Bollywood yang mulai memuncak di tahun 2000-an dan masih dinikmati di layar kaca Indonesia sampai sekarang.
Seri-seri Bollywood ini berhasil memaparkan banyak budaya dan kebiasaan India kepada masyarakat Indonesia. Sayangnya, salah satu bagian penting yang selalu berhasil menarik perhatian, yaitu makanan khas India masih menjadi satu hal yang sulit untuk ditemukan.
Baca Juga: Ceruk Bisnis Kuliner Masih Potensial, Champ Resto Berencana Tambah Gerai Baru Chopstix
"Banyak orang di Indonesia yang dapat menikmati makanan Padang dan itu dapat dikonsumsi secara luas, baik dari segi wilayah maupun usia. Jika diperhatikan, makanan Padang memiliki kemiripan dengan beberapa makanan khas India, misalnya kari. Namun, fakta bahwa makanan India belum dinikmati secara luas di Indonesia seperti makanan Padang menjadi sesuatu yang mengejutkan untuk kami," kata Yohan Andrean Suryadinata, Brand Owner, Hangry, dalam keterangan tertulis di Jakarta, dikutip Sabtu (11/6/2022).
Fakta ini menjadi salah satu faktor pendorong didirikannya Accha pada tahun 2019 lalu. Accha menawarkan menu-menu Indian soul food dengan penyesuaian cita rasa untuk masyarakat Indonesia tanpa meninggalkan keaslian rasa yang ada di India seperti rempah-rempahnya yang khas. Deretan menu yang hadir tersaji dalam bentuk yang ringkas dan dengan harga yang terjangkau.
Accha menawarkan berbagai variasi menu mulai dari empat pilihan menu Biryani, Chicken Biryani Bowl, Lamb Biryani Bowl, Chicken Kofta Biryani, dan Vegetable Biryani Bowl; aneka menu rice bowl kari seperti Chicken Tikka Masala Rice Bowl, Butter Chicken Rice Bowl, dan Lamb Curry Rice Bowl; pilihan menu roll, di antaranya ada Chicken Tikka Roll, Saag (Spinach) Chicken Roll, dan Butter Paneer Roll. Tidak lupa menu khas India lainnya yang lengkap seperti menu Naan, Bhatura, Samosa dan minuman susu dengan rempah pilihan, ACCHAi!
Accha memastikan bahwa ciri khas dan kualitas dari tiap makanan dan minuman yang ditawarkan tetap kental dengan harga yang terjangkau agar semakin banyak orang yang bisa mencoba makanan India.
Sekarang, Accha telah beroperasi dengan 16 outlet yang tersebar di Jadetabek dan Bandung serta di 3 outlet Hangry yang berada di Citra 2, Cipinang dan Cikini. Terkhusus bulan ini, akan ada promo di tiap outlet untuk pembelian menu paket sampai dengan 30% yang bisa dinikmati di platform jasa layanan antar favorit para pelanggan.
"Salah satu kunci keberhasilan kami hingga menjadi pemimpin pasar makanan India didasari oleh antusiasme para pelanggan, kami akan terus memberikan usaha terbaik kami untuk membangun brand Accha agar dapat menemani keseharian para pelanggan dengan menghadirkan makanan India berkualitas, enak, dan terjangkau," tutup Yohan.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Puri Mei Setyaningrum