Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Nias Pro 2022, Pantai dan Ombak Sorake Berhasil Pikat Atlet Peselancar Dunia

Nias Pro 2022, Pantai dan Ombak Sorake Berhasil Pikat Atlet Peselancar Dunia Kredit Foto: Kemenko Marves
Warta Ekonomi, Jakarta -

Asisten Deputi (Asdep) Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves), Kosmas Harefa, menilai para atlet selancar dunia sangat senang dan gembira selama mengikuti kejuaraan di Nias Selatan. Pasalnya, lokasi kejuaraan ini sangat spesial dan unik jika dibandingkan dengan daerah atau spot kejuaraan WSL lainnya.

Pasalnya, keindahan pantai dan ombak di Sorake, Kecamatan Luahagundre Maniamolo, Kabupaten Nias Selatan, Sumatra Utara (Sumut), berhasil memikat para atlet peselancar dunia. Atlet internasional ini mengikuti kejuaraan selancar dunia atau The World Surf League (WSL) bertajuk Nias Pro 2022 yang berlangsung sejak 22-28 Juni 2022.

Baca Juga: Nias Pro 2022, Pertamina Pastikan Distribusi dan Stok BBM Lancar

"Kalau kita dengar tanggapan wisatawan, atlet peselancar, mereka menyatakan potensi ombak di Sorake ini luar biasa dan bisa katakan yang termanis di dunia. Karena satu hal yang tidak dimiliki spot-spot lainnya di dunia, yaitu background-nya," ungkap Kosmas dalam keterangan tertulisnya, Jumat (24/6/2022).

Menurutnya, salah satu keunikan yang dimiliki pantai Soreke ini ialah latar belakang dari titik utama lomba selancar dunia itu. Biasanya, di lokasi lain hanya menyuguhkan laut lepas namun sangat berbeda dengan Sorake yakni menyuguhkan daratan yang cantik dan menawan.

Selain itu, masyarakat dan penonton bisa langsung menyaksikan secara dekat aktivistas lomba selancar tanpa perlu menggunakan alat bantu.

Baca Juga: Gelaran Festival Aekhula 2022 Jadi Momentum Kebangkitan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Nias Barat

"Ini menjadi salah satu kelebihan Pantai Sorake, ini luar biasa dan khas. Ini yang digemari peselancar dunia dan sudah cukup dikenal di mancanegara," jelasnya.

Menurut Kosmas, Indonesia sangat kaya akan potensi sumber daya alam sehingga harus dimanfaatkan dan dikelola secara maksimal untuk kepentingan daerah, khususnya sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Halaman:

Penulis: Ayu Rachmaningtyas Tuti Dewanto
Editor: Ayu Almas

Bagikan Artikel:

Video Pilihan