Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Di Amerika Selatan, Siapa Sih Produsen Minyak Sawitnya?

Di Amerika Selatan, Siapa Sih Produsen Minyak Sawitnya? Kredit Foto: Antara/Budi Candra Setya
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kolombia merupakan produsen minyak sawit terbesar di Kawasan Amerika Selatan. Produksi minyak domestik Kolombia mencapai sekitar 1,7 juta ton. Tidak hanya menjadi produsen, Kolombia juga menjadi konsumen minyak sawit terbanyak di Amerika Selatan, bersamaan dengan Brasil dan Meksiko. 

Konsumsi minyak sawit di Kolombia tercatat sebanyak 1,14 juta ton pada tahun 2020, dimana hanya 190 ribu ton dari total konsumsi yang didapat dari diimpor. Sementara Brasil mengkonsumsi minyak sawit sekitar 930 ribu ton, dimana sebanyak 34,4 persen di antaranya diperoleh melalui impor.

Baca Juga: Tingkatkan Sinergi dengan Perhiptani, BPDPKS Sosialisasikan Progam UKMK Sawit

Produksi minyak sawit domestik Brasil mencapai 620 ribu ton, kemudian Meksiko sebagai konsumen minyak sawit terbesar ketiga dengan total konsumsi sebanyak 593 ribu ton, yang mana 473 ribu ton diantaranya di peroleh melalui kegiatan impor. Produksi minyak sawit domestik Meksiko tercatat sekitar 118 ribu ton. 

Melansir laman InfoSAWIT pada Senin (27/6), berdasarkan analisa MPOC, konsumsi dan ekspor minyak sawit Kolombia pada tahun 2022 diperkirakan berada pada tren yang meningkat. Hal ini dikarenakan turut meningkatnya permintaan domestik dari sektor non-makanan serta permintaan luar negeri untuk minyak sawit berkelanjutan bersertifikat.

Sebagai produsen minyak sawit dan inti sawit terbesar di Amerika Selatan, Kolombia terus berupaya meningkatkan produksi minyak sawit bersertifikat berkelanjutan di bawah Strategi Nasional Program Minyak Sawit Berkelanjutan.

Federasi Nasional Petani Kelapa Sawit, Fedepalma telah mengadopsi standar praktik sawit berkelanjutan skim Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO), International Sustainability and Carbon Certification (ISCC), dan Rainforest Alliance Colombia menjadikan Kolombia sebagai pemasok minyak sawit bersertifikat yang cukup penting bagi pasar Eropa.

Baca Juga: Holywings Buat Geram Indonesia, Pemuda Muhammadiyah Desak Pemerintah, Cabut Izin Cafe Penista Agama!

“Kolombia juga memproduksi minyak sawit untuk sektor non-pangan terutama biodiesel dan biomassa yang dihasilkan dari proses ekstraksi minyak sawit,” catat Nur Adibah Mohd Razali, dilansir dari laman InfoSAWIT

Baca Juga: Bukan Gegara Perselingkuhan, Ferdy Sambo Ungkap Alasannya Bunuh Yosua: Karena Kecintaan Saya...

Penulis: Ellisa Agri Elfadina
Editor: Aldi Ginastiar

Advertisement

Bagikan Artikel: