Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

BPOM Gelar Uji Klinik Fase Tiga Vaksin Merah Putih, Penny K Lukito: Kami Dorong Prosesnya!

BPOM Gelar Uji Klinik Fase Tiga Vaksin Merah Putih, Penny K Lukito: Kami Dorong Prosesnya! Kredit Foto: Antara/Muhammad Adimaja
Warta Ekonomi, Jakarta -

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) bersama Kementerian Kesehatan dan Universitas Airlangga melaksanakan Kick Off Uji Klinik Fase Tiga Vaksin Merah Putih pada Senin (27/6/22).

Ketua Tim Peneliti Vaksin Merah Putih Fedik Abdul Rantam memaparkan bahwa vaksin Merah Putih berawal dari 59 sampel yang kemudian divalidasi menjadi tiga isolate. Dari sampel tersebut, kata Fedik, mulai dilakukan berbagai macam pengujian.

Baca Juga: Cyberbullying Pengaruhi Kesehatan Mental

"Tiga isolate kita lakukan berbagai macam uji, mulai dari stabilitas gen, stabilitas dari imunitasnya sendiri, kemudian stabilitas dari pertumbuhan. Tinggal satu saja kita dapatkan dan kita kembangkan menjadi vaksin," kata Fedik, Senin (27/6/22).

Dari proses tersebut, kata Fedik, pihaknya mulai mengembangkan dan mengeksplorasi gen dari virus yang didapat. Dia juga mengatakan bahwa selama melakukan pengembangan, pihaknya dibimbing oleh tim dari BPOM. 

"Itulah sebenarnya yang kita ikuti sehingga dalam perkembangannya ini, walaupun naik turun karena memang bahan yang kita gunakan adalah impor, sehingga perlu waktu. Makanya selalu bergeser," paparnya.

Lebih lanjut, Fedik mengungkapkan bahwa hasil pengembangan vaksin menjadi satu kebanggaan yang tidak hanya dirasakan pihak institusi. Tetapi juga untuk masyarakat Indonesia.

Selain itu, dia juga mengatakan bahwa pihaknya bekerja sama dengan PT Biotis yang memfasilitasi pengembangan Vaksin Merah Putih.

"Terima kasih untuk tim uji klinik yang luar biasa pontang-pantingnya, mulai dari fase satu sampai fase tiga. Kolaborasi luar biasa ini tentu, mudah-mudahan akhirnya membawa hasil yang kita harapkan bersama," jelasnya.

Sementara itu, Kepala BPOM Penny K. Lukito memaparkan bahwa pihaknya akan terus mendorong penyempurnaan vaksin Merah Putih yang merupakan karya anak bangsa. Dia juga berkomitmen untuk mendampingi pengembangan vaksin dari awal hingga nanti pada saat vaksin bisa didistribusikan.

Baca Juga: Terkait Anies Undang Tukang Bakso, NasDem Minta Sekjen PDIP Jangan Baper

"Harapan kami tentunya uji klinik fase tiga berjalan dengan lancar, hasilnya tentu bisa segera kami terima, tentunya teman-teman akan terus mendampingi," kata Penny.

Penulis: Andi Hidayat
Editor: Aldi Ginastiar

Bagikan Artikel:

Video Pilihan