Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kemendag Minta Bulog Berikan Bantuan Penggantian Selisih Harga Kedelai ke Perajin Tahu Tempe

Kemendag Minta Bulog Berikan Bantuan Penggantian Selisih Harga Kedelai ke Perajin Tahu Tempe Kredit Foto: Antara/Ari Bowo Sucipto
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pemerintah memberi penugasan kepada Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) untuk melaksanakan Program Pemberian Bantuan Penggantian Selisih Harga Pembelian Kedelai untuk perajin tahu dan tempe, melalui Koperasi Produsen Tahu dan Tempe Indonesia (KOPTI). Hal ini sebagai upaya menjaga keberlangsungan usaha dan meningkatkan minat perajin tahu dan tempe agar tetap berproduksi.

"Kenaikan harga kedelai internasional masih cukup tinggi. Untuk itu, pemerintah menyepakati penugasan kepada Perum Bulog untuk memberikan bantuan penggantian selisih harga pembelian kedelai di tingkat perajin tahu dan tempe melalui Koperasi Produsen Tahu dan Tempe Indonesia (KOPTI)," ujar Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Oke Nurwan, mengutip dari rilisnya, Selasa (28/6/2022).

Baca Juga: Mentan SYL Peringati HKP dengan Panen Padi dan Tanam Kedelai dari Kabupaten Sukoharjo

Perkembangan harga kedelai internasional sejak Januari 2022 hingga saat ini masih menunjukkan adanya peningkatan harga. Hal ini berdampak pada kenaikan harga kedelai di dalam negeri, khususnya di tingkat perajin tahu dan tempe. Pemberian bantuan penggantian selisih harga kedelai akan menjaga ketersediaan pasokan dan stabilitas harga kedelai dalam negeri, khususnya di tingkat perajin tahu dan tempe yang merupakan pengguna terbesar bahan baku kedelai.

Berdasarkan Chicago Board of Trade (CBOT), harga kedelai dunia pada minggu kedua Juni 2022 sekitar USD17,55/bushels atau setara USD644/ton, naik dari kondisi pada awal April 2022 USD15,59/bushels atau setara USD572/ton. Dengan kondisi tersebut, maka landed price diperkirakan berada di kisaran Rp11.483/kg, sementara di tingkat importir Rp12.530/kg.

Baca Juga: Bulog Pastikan Daging Kerbau Beku dari India Bebas PMK

Pelaksanaan Program Pemberian Bantuan Penggantian Selisih Harga Pembelian Kedelai oleh Perum Bulog dilaksanakan selama empat bulan, mulai 1 April 2022 sampai 31 Juli 2022. Program menyasar anggota KOPTI sesuai data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah.

Berdasarkan laporan Perum Bulog, Tahap I (periode April 2022) dan Tahap II (periode Mei 2022) telah selesai dilaksanakan dengan jumlah total kedelai yang telah disalurkan sebanyak 28.728 ton di 16 provinsi, sementara saat ini penyaluran Tahap III (periode Juni 2022) masih berjalan.

Baca Juga: Pertama di Indonesia, Zurich Luncurkan Asuransi Untuk Petani Kopi

Penulis: Martyasari Rizky
Editor: Ayu Almas

Advertisement

Bagikan Artikel: