Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pemerintah Buka Peluang Legalitas Ganja Medis, Ini Respon MUI

Pemerintah Buka Peluang Legalitas Ganja Medis, Ini Respon MUI Kredit Foto: Antara/Rahmad
Warta Ekonomi, Jakarta -

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Fatwa Asrorun Ni'am Sholeh menyampaikan tanggapan soal permintaan fatwa tentang ganja yang disampaikan Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Dia menyebut permintaan itu akan ditindaklanjuti.

"Kami apresiasi dan akan tindaklanjuti permintaan tersebut dengan pengkajian dalam perspektif keagamaan. Fatwa itu jawaban keagamaan atas masalah yang muncul di tengah masyarakat. Jadi basisnya adalah pertanyaan dari masyarakat," kata dia Rabu (29/6/2022).

Kiai Ni'am menuturkan, MUI akan berkontribusi dalam memberikan solusi keagamaan atas dasar pertimbangan kemaslahatan umum secara holistik. Berbagai solusi ini pun bisa bermacam-macam bentuknya. Salah satunya ialah dengan membuat fatwa yang baru.

"Apakah bentuknya dengan sosialisasi fatwa yang sudah ada, penguatan regulasi, rekomendasi untuk penyusunan regulasi, atau dalam bentuk fatwa baru. Kita akan kaji. Nanti dilihat," ucap Kiai Ni'am.

Baca Juga: Ma’ruf Amin Buka Peluang Legalisasi Ganja untuk Medis

Sebelumnya Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan, terkait tanaman ganja untuk keperluan medis baiknya MUI  segera mengeluarkan fatwa baru. Namun, Ma’ruf menjelaskan, nantinya pemakaian tanaman ganja tersebut tidak untuk dipakai secara berlebihan sehingga hanya menimbulkan kemudaratan.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Boyke P. Siregar

Bagikan Artikel:

Video Pilihan