Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kabar Baik, Putin Oke dengan Kesepakatan yang Disampaikan Jokowi karena...

Kabar Baik, Putin Oke dengan Kesepakatan yang Disampaikan Jokowi karena... Kredit Foto: Setkab
Warta Ekonomi, Moskow -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan adanya kesepakatan antara dirinya dengan Presiden Rusia Vladimir Putin setelah melakukan diskusi.

Kesepakatan itu disampaikan Jokowi setelah melakukan pertemuan tertutup dengan Putin di Istana Kremlin, Moskow, Kamis (30/6/2022).

Baca Juga: Raut Wajah Pas Bareng Jokowi Disorot, Putin Gak Lempar Senyum Sama Sekali

Jokowi menyampaikan kepada Putin mengenai masalah terganggunya rantai pasok pangan dan pupuk yang bisa berdampak kepada ratusan juta masyarakat dunia, terutama di negara berkembang.   

“Saya mendukung upaya PBB reintegrasi komoditas pangan dan pupuk Rusia dan komoditas pangan Ukraina dalam rantai pasok dunia. Khusus untuk jalur ekspor produk pangan Ukraina, terutama melalui jalur laut, saya sangat menghargai Presiden Putin yang tadi menyampaikan bahwa memberikan jaminan keamanan pasokan pangan dan pupuk dari Ukraina maupun Rusia, ini sebuah berita yang baik," ujar Jokowi.   

Di akhir pernyataannya, Presiden Jokowi kembali menegaskan bahwa Indonesia tidak memiliki kepentingan apa pun untuk hadir di tengah Rusia dan Ukraina.

Presiden Jokowi mengaku konstitusi Indonesia mewajibkan negaranya untuk berkontribusi untuk perdamaian dunia.

Jokowi juga ingin melihat perang dapat segera selesai. Dengan begitu, rantai pasok pangan, pupuk, dan energi dapat segera diperbaiki.

“Saya ajak seluruh pemimpin dunia untuk bersama kembali menghidupkan semangat multilateralisme, semangat damai, dan semangat kerja sama. Karena hanya dengan spirit ini perdamaian dapat dicapai,” kata Presiden Jokowi.

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan JPNN.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab JPNN.com.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel:

Video Pilihan