Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Soal Jokowi yang Terbang ke Ukraina-Rusia, Anwar Abbas Tegas: Bagi Saya Secara Pribadi...

Soal Jokowi yang Terbang ke Ukraina-Rusia, Anwar Abbas Tegas: Bagi Saya Secara Pribadi... Kredit Foto: Suara.com
Warta Ekonomi, Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menucri perhatian karena lawatannya yang menuju Ukraina dan bertemu dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy.

Langkah Jokowi ini disebut sebagai upaya diskusi perdamaian antara Ukraina dan Rusia yang memanas beberapa bulan ke belakang ini.

Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas mengapresiasi misi Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang ingin mendamaikan Ukraina - Rusia dengan mengunjungi kedua pemimpin negara yang tengah berkonflik.

Menurutnya, dengan menjalankan misi damai itu Jokowi telah menjalankan tugas sebagai kepala negara sesuai amanat konstitusi. Di mana bangsa Indonesia harus bisa berperan aktif dalam ikut menjaga ketertiban dunia.

"Hal ini, bagi saya secara pribadi merupakan satu hal yang harus saya apresiasi karena beliau (Jokowi), red) sudah melaksanakan tugasnya," ucap Buya Anwar Abbas pada Rabu (29/6).

Baca Juga: Menggelegar! Anwar Abbas Bertanya, Lebih Banyak Tenaga Kerja Cina atau Lokal?

Ketua PP Muhammadiyah itu juga angkat topi atas keberanian Presiden Ketujuh RI mengunjungi dua negara yang sedang berkonflik tersebut.

Menurut Abbas, upaya mendamaikan Ukraina dan Rusia memang harus dilakukan demi mencegah kemungkinan terjadinya peningkatan ketegangan  antara kedua belah pihak.

Sebab, katanya, jika peningkatan ketegangan antara Ukraina dan Rusia tidak terkendali, hal itu bisa memicu kemunculan perang dunia ketiga.

"Kemungkinan, apabila eskalasi dan ketegangan antara pihak-pihak yang bertikai tersebut terus meningkat serta tidak terkendali, maka tidak mustahil perang dunia ketiga yang sama-sama tidak kita harapkan malah bisa terjadi," tuturnya.

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan JPNN.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab JPNN.com.

Editor: Bayu Muhardianto

Bagikan Artikel:

Video Pilihan