Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kemendagri Minta Kepala Daerah dan Kepala Desa Optimalkan Industri Sawit

Kemendagri Minta Kepala Daerah dan Kepala Desa Optimalkan Industri Sawit Kredit Foto: Instagram titokarnavian
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Asosiasi Kabupaten Penghasil Sawit Indonesia (AKPSI) dan Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) meminta kepala daerah dan kepala desa untuk bisa mengoptimalkan pemanfaatan industri kelapa sawit.

Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian menerangkan bahwa Indonesia merupakan negara yang dominan memainkan peran sentral sebagai distributor kelapa sawit dunia. Dia mengatakan kelapa sawit tidak hanya memberi pemasukan pada negara, tetapi juga lapangan pekerjaan.

“Maka oleh karena itu, peran daripada kepala desa dan peran para bupati juga harus disertakan dalam tata kelola untuk industri perkebunan kelapa sawit yang menjadi primadona Indonesia ini,” kata Tito dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (16/7/2022).

Baca Juga: Minta APDESI dan AKPSI Optimalkan Audit Sawit, Luhut: Ini Kompleks dan Melibatkan Banyak Sektor

Tito mengatakan, pihaknya akan memberikan dukungan penuh pada visi yang berkaitan dengan Indonesia sebagai penghasil Crude Palm Oil (CPO) terbesar dunia yang memperhatikan lingkungan secara berkelanjutan.

Dalam sambutannya, Tito memaparkan bahwa isu lingkungan menjadi salah satu persoalan yang santer pada masa pandemi Covid-19. Hal tersebut, katanya, berkaitan pada perubahan iklim dan global warming.

Berdasarkan hal tersebut, Tito mengatakan bahwa perlu dilakukan upaya untuk menjaga lingkungan dalam tata kelola hutan. Hal tersebut dilakukan, lanjut Tito, untuk mencegah terjadinya penebangan yang berlebih.

Berdasarkan persoalan tersebut, Tito mengajak semua pihak untuk kembali mengamalkan Undang-undang 1945 yang menjadi konstitusi tertinggi di Indonesia. Di dalamnya, kata Tito, mengamankan semua sumber daya alam yang ada di Indonesia, baik bumi, air dan lainnya, mesti dimanfaatkan untuk kepentingan bersama dan kesejahteraan rakyat.

“Tidak hanya pemerintah yang diuntungkan, tidak hanya investor atau pengusaha yang diuntungkan, yang paling utama adalah rakyat yang harus diuntungkan,” tegasnya.

Baca Juga: Kisah Agen BRILink Bantu Angkat Ekonomi Keluarga dan Masyarakat di Banjarmasin

Penulis: Andi Hidayat
Editor: Rosmayanti

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: