Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kemendag Bawa Produk Furnitur dan Dekorasi Rumah Asal Indonesia Laris Manis di Amerika

Kemendag Bawa Produk Furnitur dan Dekorasi Rumah Asal Indonesia Laris Manis di Amerika Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Produk furnitur dan dekorasi rumah Indonesia laris manis saat mengikuti pameran Atlanta Summer Market di Americas Mart Convention Center, Atlanta, Amerika Serikat (AS). Pada pameran yang digelar 13–17 Juli 2022 ini, furnitur dan dekorasi rumah Indonesia meraup potensi transaksi lebih dari USD2,4 juta atau sekitar Rp33 miliar.

"Keikutsertaan Indonesia di Atlanta Summer Matket berhasil memperoleh potensi transaksi sebesar USD 2,4 juta. Adapun produk yang menarik perhatian adalah produk mainan dengan bentuk peta AS dalam bentuk 3D, produk kayu  cemara,  peralatan perkakas  terbuat  dari  kayu,  kotak  penyimpanan  anggur  dan  rokok," ungkap Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Didi Sumedi, mengutip sebagaimana dalam rilis Kementerian Perdagangan, Selasa (26/7/2022).

Baca Juga: Kemendag Bakal Dorong UMKM untuk Garap Pasar Ekspor

Ia turut menyampaikan bahwa promosi ini dapat berfungsi sebagai katalis untuk meningkatkan ekspor produk furnitur dan dekorasi rumah Indonesia ke AS.

“Produk Indonesia yang akan melakukan penetrasi pasar ke Amerika Serikat harus memiliki unsur yang lekat dengan kebudayaan setempat. Dengan cara ini, produk Indonesia dapat menarik perhatian buyer dengan mudah dan diterima mudah di pasar Amerika Serikat,” ujarnya.

Sementara  itu, Kepala Indonesian Trade  Promotion Center Bayu Nugroho menyampaikan,  keikutsertaan pada pameran ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan nilai ekspor Indonesia ke pasar AS. Berdasarkan data IHS Market, nilai ekspor Indonesia ke AS pada 2021 untuk produk furnitur adalah sebesar Rp 6 triliun rupiah dan Rp7 triliun rupiah untuk produk dekorasi rumah. Kedua nilai tersebut secara berturut-turut naik 26,1 persen dan 41,9 persen dibandingkan di tahun 2020.

“Indonesia merupakan salah satu negara yang mendapatkan preferensi tarif khusus untuk  masuk ke pasar Amerika Serikat melalui skema Generalized System of Preference (GSP), khususnya produk turunan furnitur (HS94). Diharapkan dengan memanfaatkan GSP tersebut, produk furnitur Indonesia dapat bersaing dengan negara lain karena adanya keringanan pajak/tanpa bea masuk,” jelas Bayu.

Pada ajang ini, Paviliun Indonesia menampilkan  sembilan produsen furnitur dan dekorasi rumah.  Produsen tersebut yakni PT Soloputri Indonesia  Sejahtera dengan produk artisan tekstil;  Kayana Home’s Living (furnitur dapur), Littlemonq (mainan anak dan dekorasi rumah), Lutfigani Décor (dekorasi rumah); CV Pitoyo Indo Furniture (furnitur), Ruby Craft (kerajinan kayu), Artisanvii Furniture (furnitur), PT Fara Cipta Kreasi Internasional (furnitur), dan PT Solo KreatifInternasional (kerajinan tangan). 

Baca Juga: "Pantes Setannya Gak Datang", Anies Baswedan Bawa Ustaz Syam Buat Kumandangkan Azan di JIS

“Salah satu keunikan pada pameran, Paviliun Indonesia juga dikunjungi pembeli perhiasan yang tengah mencari sumber alternatif selain dari India dan Tiongkok,”pungkas Bayu.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Martyasari Rizky
Editor: Aldi Ginastiar

Bagikan Artikel: