Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Maruf Amin Ingatkan Umat Bersiap Hadapi Krisis Energi, Pangan, dan Ekonomi

Maruf Amin Ingatkan Umat Bersiap Hadapi Krisis Energi, Pangan, dan Ekonomi Kredit Foto: Ayu Rachmaningtyas Tuti Dewanto
Warta Ekonomi, Jakarta -

Wakil Presiden Maruf Amin mengigatkan umat untuk bersiap menghadapi berbagai krisis yang kemungkinan akan melanda dunia. Krisis tersebut selain karena Covid-19 di beberapa negara yang belum melandai juga karena perang Rusia dan Ukraina.

“Hari ini dunia dalam keadaan mendapatkan tantangan, yang paling besar itu akibat perang Ukraina dan Rusia. Kita harus memastikan diri siap menghadapi krisis energi, krisis pangan, dan krisis keuangan, ” ungkap Maruf saat memberikan amanah dalam malam puncak Milad MUI ke-47 di Jakarta, kemarin.

Dikatakannya, MUI bisa berpartisipasi untuk mengimbau masyarakat tetap bersabar dan hati-hati dengan tetap melakukan persiapan matang.“Agama menyuruh kita untuk selalu prepare menghadapi masalah seperti ini. Syaikh Nawawi mengatakan, bersiap-siaplah kamu menghadapi serangan musuh, ” ungkapnya.

Faktor geopolitik yang mengancam ini sebelumnya juga sudah pernah disampaikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani. Dia juga mengatakan bahwa dalam waktu dekat akan ada krisis energi, pangan, dan keuangan yang melanda.

Maruf mengatakan, jika diibaratkan manusia, MUI dengan usianya yang ke-47 maka sudah bisa dikatakan matang. Kematangan seorang manusia biasanya muncul saat menginjak usia 40 tahun.

Dengan usia yang matang ini, Maruf pun berharap, MUI bisa ikut serta mengantisipasi kemungkinan krisis ini nantinya. Momen krisis tersebut juga bisa menjadi ujian MUI memperkokoh visinya sebagai khodimul ummah atau pelayan umat dan shodiqul hukumah atau mitra pemerintah.

“Menjadi kewajiban MUI, sebagai mitra pemerintah dan pelayan umat, untuk ikut membantu mempersipakan kecukukan kebutuhan pangan di berbagai daerah di Indonesia, ” pungkasnya.

Baca Juga: Aremania Bantah Soal PSSI Temukan 42 Botol Miras di Stadion Kanjuruhan: Hari Ini Nemu Botol Miras, Mungkin Besok Nemu...

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Boyke P. Siregar

Advertisement

Bagikan Artikel: