Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Respons Pelaku Industri Sawit, Wapres RI: Sedang Dibahas Rencana Penghapusan DMO

Respons Pelaku Industri Sawit, Wapres RI: Sedang Dibahas Rencana Penghapusan DMO Kredit Foto: Antara/Akbar Tado
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pemerintah merespons usulan dari petani dan pelaku industri untuk mempercepat ekspor sawit, salah satunya melalui pencabutan Domestic Market Obligation (DMO). Hal ini diungkapkan Wapres RI, K.H M'ruf Amin, dalam pertemuan dengan Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (APKASINDO) di Rumah Dinas Wapres di Jakarta, Kamis (28 Juli 2022).

"Pemerintah sedang membahas rencana penghapusan DMO, kalau memang itu yang menjadi kendalanya," ujar Wapres Ma’ruf Amin, dilansir dari laman Majalah Sawit Indonesia pada Jumat (29/7).

Baca Juga: Tambahan Impor CPO dari RRT Akan Berdampak Baik bagi Petani Sawit Indonesia

Menurutnya, persoalan harga Tandan Buah Segar (TBS) sawit petani akan dapat terselesaikan apabila ekspor berjalan dan kapasitas tangki pabrik dapat dikurangi. Rencana penghapusan DMO ini dijawab Wapres Ma’ruf Amin setelah mendengarkan pemaparan APKASINDO berkaitan dengan situasi industri sawit dan harga TBS sawit petani.

Ketua Umum DPP APKASINDO Gulat Manurung dalam pertemuan tersebut menjelaskan bahwa harga TBS petani yang rendah atau belum proporsional masih terjadi di provinsi sentra. Hal ini berdasarkan laporan Posko Pengaduan harga TBS yang dibuat APKASINDO.

Masalah lainnya ungkap Gulat ialah proses penetapan harga CPO domestik yang tidak tepat karena menggunakan harga tender KPBN. Padahal, Kementerian Perdagangan telah menetapkan harga CPO setiap bulannya.

Perihal perbedaan harga petani swadaya dengan petani bermitra plasma, Wapres berjanji akan meninjau dasar regulasi yang mengaturnya.

Dipimpin Ketua Umum DPP APKASINDO Gulat ME Manurung, rombongan APKASINDO terdiri dari Sekretaris Jenderal DPP APKASINDO Rino Afrino, Ketua Bidang Komunikasi APKASINDO Qayyum Amri, serta Sekretariat DPP APKASINDO Graha Riau Pura.

Mewakili petani sawit ada Ketua DPW APKASINDO Sumatera Utara Gusdalhari Harahap; Ketua DPW APKASINDO Riau K.H Suher; Ketua DPW APKASINDO Banten H. Wawan; Ketua DPW APKASINDO Kalimantan Tengah JMT Pandiangan; Ketua DPW APKASINDO Sulawesi Tengah Siswanto; Ketua DPW APKASINDO Papua Albert Yoku; dan Ketua DPW APKASINDO Kalimantan Utara Suhendrik.

Baca Juga: Tinggalkan Dolar, Indonesia dan Malaysia Sepakati Penggunaan Mata Uang Lokal

Penulis: Ellisa Agri Elfadina
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: