Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jelang HUT RI ke-77, Wamen LHK: Bangun IKN, Sepaku Maju dan Sejahtera

Jelang HUT RI ke-77, Wamen LHK: Bangun IKN, Sepaku Maju dan Sejahtera Kredit Foto: KLHK
Warta Ekonomi, Jakarta -

Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Wamen LHK) Alue Dohong di Kecamatan Sepaku membuka Festival Sepaku yang diselenggarakan dengan dukungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bersama Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Minggu (7/8/2022). Festival Sepaku Ibu Kota Nusantara (IKN) diselenggarakan untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-77.  

"Festival Sepaku bertujuan untuk mengajak warga masyarakat Kecamatan Sepaku menyambut hadirnya IKN dengan kegembiraan, kebahagiaan dan suka cita. Mari kita semua sambut IKN dengan semangat optimisme," ujar Wakil Menteri LHK, Alue Dohong dalam keterangannya, Senin (8/8/2022).

Baca Juga: Gak Nyangka, KLHK Sebut Kendaraan Listrik Tak Benar-benar Bersih, Ini Alasannya!

Panitia Festival Sepaku IKN sudah mempersiapkan berbagai pertandingan eksebisi dan kompetisi, seperti sepakbola, bulu tangkis, dan bola voli. Festival ini juga akan dimeriahkan dengan Pesta Rakyat yang diisi lomba permainan anak, lomba panjat pinang dan juga pentas seni, serta yang tak kalah seru lomba kebersihan desa. Panitia juga akan mengajak masyarakat untuk melakukan penanaman pohon.

Wamen Alue menjelaskan jika sebagaimana telah diketahui bersama, dengan diundangkannya UU No. 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara Nusantara, proses pemindahan, pembangunan dan penyelenggaraan IKN Nusantara telah memiliki landasan hukum yang kuat.

Baca Juga: Wujudkan Mandat Presiden Jokowi Soal Rehabilitasi Mangrove Nasional, Ini Langkah KLHK

Hal ini menjadi momentum penting untuk melakukan reformasi dan transformasi struktural dalam berbagai bidang termasuk membangun kehidupan dan peradaban ekologis yang berkelanjutan dan ramah lingkungan, yang tentunya juga akan dan harus dapat dinikmati oleh warga Sepaku, warga Kabupaten PPU, dan masyarakat Indonesia pada umumnya.

Ibu Kota Nusantara (IKN) dirancang dengan konsep sebagai kota yang aman, modern, berkelanjutan dan berketahanan yang menjadi acuan (role model) bagi pembangunan dan pengelolaan kota di Indonesia dan dunia. Unsur-unsur penting kota berkelanjutan tersebut antara lain: 1) Mengelola sumber daya secara efektif tepat guna; 2) Pemanfaatan sumberdaya air dan energi yang efisien dan efektif; 3) Pengelolaan sampah berbasis sirkular ekonomi; dan 4) Lingkungan alam dan binaan yang sinergis dengan konsep kota di dalam hutan (forest city) untuk memastikan kelestarian lingkungan dengan minimal 75 persen kawasan hijau serta menyeimbangkan ekologi alam, kawasan terbangun, dan sistem sosial yang ada secara harmonis.

Baca Juga: Hujan Deras Rendam Jakarta Jadi Kolam, Eh Anies Baswedan Kena Semprot: 5 Tahun Seakan Tidak Punya Gubernur, Jakarta Autopilot!

Penulis: Rena Laila Wuri
Editor: Ayu Almas

Advertisement

Bagikan Artikel: