Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Lazada Gelontorkan Dana Jumbo Demi Beli Saham DANA dari Tangan Perusahaan Teknologi Milik Konglomerat Eddy Satriaatmadja

Lazada Gelontorkan Dana Jumbo Demi Beli Saham DANA dari Tangan Perusahaan Teknologi Milik Konglomerat Eddy Satriaatmadja Kredit Foto: FORBES INDONESIA/AHMAD ZAMRONI
Warta Ekonomi, Jakarta -

Perusahaan teknologi milik konglomerat Eddy Sariaatmadja, PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK) menyatakan bahwa anak usaha perseroan yakni PT Kreatif Media Karya (KMK) mengantongi dana US$304,5 juta atau sekitar Rp4,52 triliun (kurs Jisdor Rp14.875).

Dana tersebut diperoleh perusahaan dari hasil penjualan sebagian saham yang digenggam dalam PT Elang Andalan Nusantara (EAN) pemilik dompet digital DANA

Sekretaris Perusahaan PT Elang Mahkota Teknologi Tbk, Titi Maria Rusli mengungkapkan bila KMK memutuskan untuk melepas sebanyak 202 saham seri A dan 4,79 juta saham seri B yang dikuasai perseroan pada DANA. 

“Pada tanggal 10 Agustus 2022, KMK sebagai penjual telah menandatangani akta pengalihan saham deengan Lazada Holdings Pte Ltd sebagai pembeli,” ujar Titi dalam keterbukaan informasi kepada BEI, Jakarta, Kamis (11/8/2022). 

Baca Juga: Sinar Mas dan Lazada Group Resmi Masuk Jajaran Pemegang Saham DANA

Lebih lanjut Ia menuturkan bila setelah penyelesaian transaksi penjualan saham, maka kepemilikan saham KMK pada Dana akan mengalami penurunan jumlah. 

“Di lain pihak, KMK akan memperoleh dana hasil penjualan saham yang akan berpengaruh positif kepada kondisi keuangan KMK serta perseroan,” tutup Titi. 

Sebelumnya, DANA mengumumkan penyelesaian transaksi investasi terbaru dari Sinar Mas dan Lazada Group. Dengan demikian, Sinar Mas dan Lazada Group bergabung dengan EMTEK Group dan Ant Group dalam jajaran pemegang saham DANA.

CEO & Co-Founder DANA Indonesia Vince Iswara mengungkapkan rasa bangga atas bergabungnya Sinar Mas dan Lazada Group sebagai pemegang saham DANA.

"Kami yakin bahwa kekuatan platform teknologi keuangan DANA akan memberikan banyak nilai strategis kepada investor berharga kami dalam mewujudkan visi kami untuk masyarakat nontunai Indonesia yang memiliki tingkat literasi dan inklusi keuangan yang lebih baik," ungkap Vince dalam keterangan tertulis, Kamis (11/8/2022).

Baca Juga: Setelah Emtek dan ANT, Kini Sinar Mas dan Lazada Group Kepincut Saham DANA

Dia menambahkan, dukungan yang diberikan oleh semua pemegang saham akan dimanfaatkan untuk makin memperkuat DANA melalui peningkatan layanan keuangan digital yang ditawarkan perusahaan kepada masyarakat Indonesia, termasuk dalam mengakselerasi literasi dan inklusi keuangan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. 

"Kami juga percaya investasi ini merupakan bagian dari pengembangan bisnis yang akan mempersiapkan DANA untuk fase pertumbuhan selanjutnya," imbuhnya.

Baca Juga: Bela Lukas Enembe, Denny Siregar Babat Habis AHY, Warganet: Dia Masih Belom Move On, Kasian!

Penulis: Annisa Nurfitriyani
Editor: Annisa Nurfitriyani

Advertisement

Bagikan Artikel: