Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jepang: Pintu Kami Tidak Pernah Tertutup buat China

Jepang: Pintu Kami Tidak Pernah Tertutup buat China Kredit Foto: Reuters/Kyodo
Warta Ekonomi, Tokyo -

Jepang tidak pernah menutup pintu dialog terhadap China, setelah ketegangan Amerika Serikat dan China atas Taiwan meningkat pekan lalu.

"Pintu Jepang untuk berdialog dengan China selalu terbuka," kata Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida pada Rabu (10/8/2022) dalam konferensi pers setelah memperkenalkan anggota kabinet barunya.

Baca Juga: China Ingkar Janji, Pasukan-pasukan Masih Dikirim ke Sekitar Taiwan

Tokyo adalah sekutu penting AS di kawasan itu dan menampung lebih dari 50.000 tentara Amerika di bawah pakta keamanan bilateral. 

Jepang juga telah bergabung dengan Quad yang dipimpin AS, yang bertujuan melawan pengaruh China di kawasan Asia-Pasifik yang lebih luas.

China telah mengeluarkan pernyataan kritis terhadap sikap Jepang atas kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan yang sangat membuat Beijing marah sehingga meluncurkan latihan militer.

Mengenai tantangan yang dihadapi pemerintahannya, Kishida mengatakan pertumbuhan ekonomi pasca-Covid-19 dan tatanan internasional baru adalah prioritas utamanya, lapor Kyodo News.

Baca Juga: Salahkan Aremania di Tragedi Stadion Kanjuruhan, Kader Demorkat: Pantes Ade Armando Dikeroyok di Depan DPR!

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Editor: Muhammad Syahrianto

Advertisement

Bagikan Artikel: