Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ajang Bisnis Produk Halal dan Industri Syariah Muslim Life Fest Kembali Digelar

Ajang Bisnis Produk Halal dan Industri Syariah Muslim Life Fest Kembali Digelar Kredit Foto: Imamatul Silfia
Warta Ekonomi, Jakarta -

Muslim Lifestyle Festival (Muslim Life Fest) akan kembali digelar setelah sempat vakum lantaran pandemi. Ajang bisnis produk halal dan industri syariah ini akan digelar di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD pada 26-28 Agustus 2022.

Festival ini diselenggarakan oleh Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia (KPMI) bersama PT Lima Event Indonesia (Lima Events). Tahun ini, Muslim Life Fest mengusung tema #salingdukung.

Muslim Life Fest akan melibatkan 298 peserta pameran dari berbagai wilayah di Indonesia. Peserta pameran terdiri dari 12 kategori yang mencakup berbagai kebutuhan produk halal dan islami, mulai dari Modest Fashion, Islamic Education, Hobbies and Communities, Islamic Book and Publisher, Halal Travel, Thibbun Nabawi Herbal, Beauty and Pharmaceutical, Zona Kuliner Halal Aman dan Sehat, serta kategori lainnya.

Baca Juga: Gelar Pameran Dagang, Zulkifli Bidik Target Transaksi US$10 Miliar

"Muslim Life Fest ini kontribusi kecil dari kami sebagai pelaku industri untuk mewujudkan masterplan pengembangan ekonomi syariah yang digagaskan oleh pemerintah," kata Rachmat Sutarnas Marpaung, Ketua Umum KPMI, saat konferensi pers di Jakarta, Kamis (11/8/2022).

Sebelumnya, KPMI dan Lima Events telah menyelenggarakan Muslim LifeFair di dua kota, yakni Jakarta dan Yogyakarta. Muslim LifeFair Jakarta yang diselenggarakan di Istora GBK, Senayan, pada akhir Maret lalu mampu menarik pengunjung hingga 30 ribu serta mencetak transaksi sebesar Rp20 miliar. Sementara Muslim LifeFair Yogyakarta yang dilangsungkan di Jogja Expo Center pada awal Juni mencatatkan jumlah pengunjung mencapai 21 ribu.

Adapun untuk gelaran Muslim Life Fest nanti, KPMI dan Lima Events menargetkan jumlah pengunjung mencapai 40 ribu.

"Kalau saat 2019, Muslim Life Festi digelar di Jakarta Convention Center (JCC), jumlah visitors-nya 60 ribu. Tahun ini, karena venue-nya berbeda, kami menargetkan di angka 40 ribu," ungkap Deddy Andu, Direktur PT Lima Event Indonesia.

Kegiatan ini juga turut mendapat dukungan dari sejumlah pihak, seperti Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS), Kementerian Koordinator Perekonomian, Bank Indonesia, dan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH).

Deputi Direktur Akselerasi dan Kemitraan Usaha Syariah KNEKS, Achmad Iqbal, yang juga turut hadir dalam konferensi pers mengungkapkan apresiasinya terhadap inisiatif KPMI dan Lima Events. Dia mengatakan kegiatan Muslim Life Fest merupakan wujud sinergi dan kolaborasi antara pemerintah, pelaku usaha, dan pemangku kepentingan lainnya untuk bahu membahu mengembangkan ekonomi syariah sekaligus upaya mencapai target Indonesia sebagai pusat produsen produk halal tahun 2024.

"Kami mendukung inisiatif ini yang semoga bisa memberikan dampak baik ke masyarakat dan bisa terus berlangsung untuk tahun-tahun berikutnya, terutama untuk bisa mendorong peningkatan ekspor UMKM," ujarnya.

Sebagai informasi, KPMI dan Lima Events juga mengadakan Muslim Life Trade sebagai salah satu agenda pada Muslim Life Fest. Muslim Life Trade merupakan zona khusus perdagangan ekspor produk halal ke sejumlah negara. Beberapa perusahaan luar negeri akan hadir secara langsung untuk menjalin mitra bisnis dengan pasar Indonesia, seperti Bahrain, Pakistan, Jepang, Malaysia, dan lainnya.

Adapun bagi masyarakat yang ingin mengunjungi Muslim Life Fest dapat membeli tiketnya melalui https://muslimlifeshop.com.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Imamatul Silfia
Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel: