Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Semangat iForte untuk UKM Kota Bandung dalam Hari UMKM Nasional

Semangat iForte untuk UKM Kota Bandung dalam Hari UMKM Nasional Kredit Foto: IForte
Warta Ekonomi, Jakarta -

Sebagai bentuk partisipasi iForte dalam memperingati hari UMKM Nasional dan bagian dari Road to iFortepreneur 4.0 tahun 2022, iForte mengadakan acara sharing session untuk menyebarkan semangat UKM kota Bandung, Jawa Barat.

Hadir sebagai narasumber Dina Dellyana dan Reza Nurhilman yang berbagi ilmu dan pengalaman kepada pelaku industri UKM di Ballroom, The Trans Luxury Hotel Bandung.

Baca Juga: Menkop-UKM Dorong UMKM Jajaki Potensi Ekspor Tanaman Kratom ke AS

Sesi dibuka oleh Dr. Dina Dellyana., MBA., CBAP, seorang akademisi dari SBM ITB. Dalam materinya yang berjudul UMKM GO Digital Melek Big Data, Dina memberikan pemahaman dan membangun kesadaran tentang pentingnya big data bagi UKM.

“UKM sebaiknya mulai memperhatikan dan mendokumentasikan data dalam bentuk paling sederhana contohnya, pencatatan proses operasional usaha untuk dapat mengolah dan menganalisa data, sehingga pengambilan keputusan dapat lebih efektif demi menjaga sustainaibility bisnis UKM,” kata Dina dalam pemaparannya. 

Pembicara berikutnya adalah Reza Nurhilman, owner dan founder dari Keripik Maicih. Selaku praktisi, Reza yang akrab disapa AXL berbagi pengalamannya sejak memulai usaha pada tahun 2010 sampai akhirnya bisa menjadi salah satu brand keripik ternama di masyarakat yang diingat sampai sekarang.

Reza mendorong UKM untuk kreatif dan terus berinovasi dengan promosi yang memanfaatkan dunia digital sehingga meningkatkan potensi penjualan produk UKM. “Dimulai dengan rasa penasaran untuk meningkatkan pemasaran” ujar Reza dalam tipsnya kepada UKM.  

Sharing session ini diikuti 114 peserta dari berbagai industri yang berdomisili di kota Bandung, Jawa Barat yang antusias untuk belajar dan menambah ilmu.

Ruliyani, salah satu pemilik UKM yang mengikuti acara mengaku mendapatkan banyak ilmu dari kedua narasumber yang dihadirkan iForte dan berharap usahanya dapat semakin berkembang. Dia berharap produknya Gongso Layang dapat lolos ke tahap final iFortepreneur tahun ini. 

Head of Marketing Communication iForte Victor Sihombing mengatakan tahun ini merupakan tahun kedua iForte menyelenggarakan program iFortepreneur untuk UKM Indonesia. 

Dengan berkolaborasi bersama KemenkopUKM, Kemenparekraf, dan SBM ITB, iForte berharap program iForteprenuer 4.0 dapat bermanfaat dan membantu para pelaku UKM Indonesia sebagai pilar penting dalam perekonomian Indonesia, untuk dapat memaksimalkan potensi usahanya dengan bertransformasi ke platform digital. 

“iFortepreneur adalah persembahan iForte untuk mendukung usaha pemerintah dalam percepatan Digitalisasi UKM sehingga harapan kami di hari UMKM Nasional ini, akan semakin banyak UKM yang bertumbuh dan meningkatkan semangat inovatif serta pola pikir kreatif dalam pemanfaatan platform digital demi kemajuan UKM di Indonesia,” tutup Victor.

Baca Juga: Wamen BUMN Ungkap 3 Tantangan Yang Dihadapi Industri Asuransi, Apa Saja?

Editor: Muhammad Syahrianto

Advertisement

Bagikan Artikel: