Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Demi Wujudkan Kendaraan Tanpa Awak di Indonesia, Menhub Dorong Perguruan Tinggi dan Swasta

Demi Wujudkan Kendaraan Tanpa Awak di Indonesia, Menhub Dorong Perguruan Tinggi dan Swasta Kredit Foto: Kemenhub
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mendorong perguruan tinggi dan pihak swasta untuk terus menggali peluang dan tantangan menghadirkan kendaraan otonom di Indonesia.

Hal itu disampaikan Menhub saat menjadi pembicara kunci dalam webinar bertema Melirik Prospek Kendaraan Otonom di Indonesia: Peluang Serta Tantangannya, yang diselenggarakan oleh President University Cikarang, Sabtu (13/8/2022).

Menhub menjelaskan, terdapat sejumlah tantangan yang dihadapi untuk memasifkan penggunaan kendaraan otonom di Indonesia, di antaranya yaitu kesiapan jalan, jaringan internet, kondisi lingkungan, regulasi terkait dengan hal teknis laik jalannya, serta pelaksanaan pengujian kendaraannya. 

Baca Juga: Kemenhub Batal Terapkan Tarif Baru Ojek Online Hari Ini, Ditunda hingga Akhir Agustus

“Saat ini kami tengah menyusun dan terus mematangkan regulasinya,” ujar Menhub.

Lebih lanjut Menhub menyampaikan, kendaraan otonom atau kendaraan tanpa awak pengemudi (driverless) ini merupakan sistem transportasi cerdas (intelligent transport system/ITS) yang akan menjadi transportasi masa depan. 

Sejumlah keunggulan dari kendaraan ini dikutip dari McKinsey Global Institute dan TU Delf Research in Electric and Automated Transport 2019, yaitu: memiliki kepastian dan ketepatan waktu, mengurangi emisi karbon, kemacetan, konsumsi bahan bakar hingga 15%, dan juga mengurangi tingkat kecelakaan karena human error mencapai 40%. 

“Butuh kolaborasi dari semua stakeholder terkait, baik akademisi dan pihak swasta, untuk menciptakan iklim yang kondusif agar kendaraan otonom ini dapat diwujudkan,” tutur Menhub.

Pada kesempatan yang sama, Direktur PT. Jababeka, Tbk Sutedja Sidarta Darmono menyatakan dukungannya untuk mewujudkan kehadiran kendaraan otonom di Indonesia. 

Menurutnya, diperlukan pengembangan infrastruktur yang mendukung tumbuhnya ekosistem kendaraan otonom, salah satunya yaitu penguatan jaringan internet.

“Dengan adanya koneksi internet 5G, kita bisa mendapatkan peluang untuk memasuki era kendaraan otonom,” ujarnya.

Baca Juga: Jokowi Minta Kendaraan Dinas Pakai Mobil Listrik, Rocky Gerung: Kemewahan yang Dibayangkan Presiden Gak Ada Gunanya..

Penulis: Martyasari Rizky
Editor: Rosmayanti

Advertisement

Bagikan Artikel: