Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Sambut Hari Kemerdekaan, Solve Education Gulirkan Kompetisi Guru Bahasa Inggris Melek Teknologi

Sambut Hari Kemerdekaan, Solve Education Gulirkan Kompetisi Guru Bahasa Inggris Melek Teknologi Kredit Foto: Rahmat Saepulloh
Warta Ekonomi, Bandung -

Menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia dan dalam semangat Merdeka Belajar, Yayasan Teknologi untuk Indonesia (Solve Education!) menjalankan program peningkatan mutu pendidikan bahasa Inggris untuk murid SMP dan kompetisi “Guru Bahasa Inggris Teladan Melek Teknologi”.

Projek utama dilaksanakan di Semarang, bekerjasama dengan Disdik Kota Semarang. Dimana sejak tanggal 18 Juli 2022, sebanyak 114 sekolah menengah pertama (SMP) di kota Semarang memulai proses adopsi teknologi digital berbasis gim yang dirancang oleh Solve Education!

Baca Juga: Gelar Upacara Kemerdekaan RI ke-77, Nadiem Komitmen Pulihkan Sektor Pendidikan, Seni, dan Kebudayaan

Saat ini telah membantu setidaknya 14.227 murid SMP belajar bahasa Inggris dengan lebih menyenangkan. Platform tersebut bernama, Dawn of Civilization yang bisa dimainkan tanpa internet.

Bahkan, sebanyak 125 guru yang aktif mendukung dan menjalankan program ini juga berlomba untuk memenangkan kompetisi “Guru Bahasa Inggris Teladan Melek Teknologi” tahun 2022 tingkat kota Semarang.

Kompetisi ini dirancang untuk mengapresiasi guru yang mempunyai komitmen dan upaya kuat untuk membantu murid belajar lebih baik melalui pemanfaatan teknologi. Diharapkan akan lebih banyak lagi guru-guru yang termotivasi untuk selalu terbuka dengan kemajuan teknologi dalam bidang pendidikan.

Program dimulai dengan proses pendampingan langsung ke sekolah yang dilakukan oleh tim Solve Education! guna membantu guru mengimplementasikan programnya dengan tepat.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Semarang,  Muhammad Ahsan,  menyatakan sangat mendukung kegiatan tersebut sebagai upaya membina semangat merdeka belajar guru dan murid dengan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan interaktif di kelas.

“Memang benar bahwa saat ini Dinas Pendidikan Kota Semarang Tengah menjalin kerjasama dengan Yayasan Teknologi untuk Indonesia (Solve Education!) terkait dengan pemanfaatan platform belajar berbasis gim, Dawn of Civilization. Program ini bertujuan untuk membantu siswa agar semakin mudah dalam belajar Bahasa Inggris serta membantu guru dalam mengajarkan Bahasa Inggris kepada anak-anak di sekolah," jelas Ahsan dalam keterangan resminya, Kamis (18/8/2022)

Baca Juga: "Urusan Lebih Besar", Dibalik Usaha Ferdy Sambo Tutupi dan Bunuh Brigadir J

Sejak adanya pandemi COVID-19 di Indonesia, guru dikagetkan dengan perubahan sistem kegiatan belajar mengajar yang mengharuskan mereka untuk mengadopsi teknologi digital dengan sangat cepat.

Baca Juga: Mengejutkan! Pertama Kalinya Elektabilitas Anies di Posisi Kedua, La Ode: Ada Partai yang Sudah Resmi Beri Dukungan....

Penulis: Rahmat Saepulloh
Editor: Aldi Ginastiar

Advertisement

Bagikan Artikel: