Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Gandeng Kemendag, Pemprov DKI Percepat Digitalisasi Sektor UMKM

Gandeng Kemendag, Pemprov DKI Percepat Digitalisasi Sektor UMKM Kredit Foto: Pemprov DKI Jakarta
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (DPPKUKM) bekerja sama dengan Kementerian Perdagangan untuk mempercepat transformasi digital para pedagang di Pasar Tomang pada Kamis (18/8/2022).

Kepala Dinas PPKUKM, Elisabeth Ratu Rante Allo, memaparkan bahwa selain mendorong transformasi digital, kunjungannya bersama Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan juga dilakukan untuk memantau harga bahan pokok di wilayah Jakarta.

Baca Juga: Rayakan HUT RI Terakhir Sebagai Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan Sampaikan Pesan Haru: Tolong Dicatat...

"Kunjungan kerja ini sekaligus untuk menyosialisasikan penggunaan aplikasi belanja kepada pedagang pasar dan pengunjung untuk berinteraksi digital melalui aplikasi Grab Mart. Pasar Tomang adalah pilot project untuk program ini," kata Ratu dalam keterangan persnya, Kamis (18/8).

Dia memaparkan, kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut yang dilakukan Kementerian Perdagangan bersama dengan PT Grab Indonesia dalam mendorong digitalisasi pelaku UMKM, khususnya di pasar rakyat dengan basis aplikasi Grab Mart.

Dalam hal ini, Ratu menyebut bahwa pihaknya juga menggandeng Perumda Pasar Jaya selaku pengelola pasar rakyat di Provinsi DKI Jakarta. Dia juga mengatakan, pihaknya menyambut baik program kemitraan yang dilakukan oleh Kementerian Perdagangan.

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa Pemprov DKI Jakarta akan berkomitmen dalam kerja kolaborasi dengan berbagai pihak, pemerintah, maupun pihak swasta. Dia juga mengatakan bahwa digitalisasi UMKM bisa dimanfaatkan untuk mempermudah pembelian maupun pembayaran.

"Pemprov DKI berkomitmen berkolaborasi dengan berbagai pihak, baik dari pemerintah pusat maupun sektor swasta untuk mendorong digitalisasi UMKM pasar rakyat. Digitalisasi UMKM di pasar rakyat ini bisa dimanfaatkan untuk pembelian secara digital, pembayaran cashless, maupun fasilitas lainnya yang mendukung perluasan akses pemasaran produk UMKM," jelasnya.

Baca Juga: Heboh! Jokowi Digugat Gegara Diduga Pakai Ijazah Palsu, Ferdinand: Ini Para Penguggat Caper Banget

Penulis: Andi Hidayat
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Advertisement

Bagikan Artikel: