Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

SUN Energy Kembangkan Inovasi Teknologi Solar PV Roll Up di Kawasan Pertambangan

SUN Energy Kembangkan Inovasi Teknologi Solar PV Roll Up di Kawasan Pertambangan Kredit Foto: SUN Energy
Warta Ekonomi, Jakarta -

Jumlah para pengguna energi bersih, salah satunya yang memanfaatkan sistem energi surya, terus menunjukan peningkatan yang signifikan baik dari sektor pelanggan residensial, sosial, industri, hingga komersial. Di sektor industri dan komersial, tuntutan penggunaan energi baru terbarukan (EBT) datang dari berbagai pihak, seperti lembaga keuangan, regulator, konsumen, hingga dunia internasional dengan pergeseran pembangunan menuju karbon netral.

Di lokasi pertambangan misalnya, pemerintah melalui Kementrian ESDM dan Ditjen Minerba menerbitkan Peraturan tentang Pelaksanaan Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan Batubara agar tetap eksis dan kompetitif dengan mengedepankan keberlanjutan fungsi lingkungan, sosial masyarakat, dan ekonomi.

Baca Juga: Bakal Lebarkan Sayap Bisnis PLTS ke Sulawesi, Sun Energy Incar Perusahan Nikel

Padahal, instalasi EBT misalnya sistem pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) sebagai wujud pemanfaatan energi bersih bagi setiap sektor industri kerap memiliki tantangannya tersendiri. Mulai dari penerapan regulasi, perizinan, ketersediaan lahan, kekuatan struktur bangunan, atau tingkat kesulitan secara teknis terkait keberlangsungan bisnis dari sisi lokasi dan skala perusahaan.

Ragam tantangan yang ditemukan tentu menuntut pengembang proyek sistem tenaga surya untuk terus melakukan inovasi guna mendukung pemanfaatan energi surya lebih luas lagi. Guna mengambil peran dalam akselerasi energi terbarukan di Indonesia, SUN Energy sebagai pengembang proyek PLTS mengambil peran dengan terus mengembangkan produk dan jasa melalui inovasi yang ditawarkan kepada para pelanggan.

Baca Juga: SUN Energy Luncurkan Produk Baru, Ini Keunggulan SUN Energy Tech Space

Berfokus pada sektor komersial dan industrial, SUN Energy kembali memperkenalkan proyek PLTS dengan inovasi terbaru yang diimplementasikan pada kawasan operasional pertambangan, Berau Coal di Suaran, Kalimantan.

Produk PLTS PV Roll Up ini merupakan panel surya (PV) yang telah dirakit bersamaan dengan rangka dudukan panel atau mounting, sehingga mendukung proses pemasangan menjadi lebih mudah. PLTS PV Roll Up ini dapat dilipat dan memiliki roda yang bisa dijalankan, sehingga PLTS dapat dengan mudah dipindahkan ke lokasi lain jika dibutuhkan.

Baca Juga: Bank Mandiri Bidik Penyaluran Kredit Tumbuh Hingga 12% pada 2023

Editor: Ayu Almas

Advertisement

Bagikan Artikel: