Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

ASEAN Terancam Krisis Pangan, Kementan RI Gelar Pertemuan Antarnegara

ASEAN Terancam Krisis Pangan, Kementan RI Gelar Pertemuan Antarnegara Kredit Foto: Kementan
Warta Ekonomi, Jakarta -

Guna mencukupi kebutuhan pangan dalam negeri, Kementerian Pertanian (Kementan) bersama dengan negara lainnya menggelar Senior Officials Meeting ASEAN Ministers on Agriculture and Forestry (SOM AMAF) secara virtual pada Kamis (25/8/2022).

Sekretaris Jenderal Kementan Kasdi Subagyo memaparkan bahwa pertemuan tersebut merupakan upaya bersama dalam menjamin ketahanan pangan untuk mencukupi nutrisi masyarakat dunia. Hal tersebut, kata Kasdi, dilakukan sebagai respons atas situasi ketidakpastian pangan yang cenderung memburuk akibat dari berbagai macam tantangan global.

Baca Juga: Paus Fransiskus Minta Perhatian Soal Krisis Pangan

"Karena itu penting sekali bagi kira untuk membangun rantai pasok regional yang tangguh dan berkelanjutan baik produksi maupun stok khususnya untuk menghadapi disrupsi akibat dinamika global saat ini seperti perubahan iklim, pandemi Covid-19 dan tekanan geopolitik," jelas Kasdi dalam keterangan tertulisnya, Kamis (25/8/2022).

Dia mengatakan bahwa saat ini Indonesia tengah mendorong perkuatan ketahanan pangan global yang berkelanjutan. Kasdi menyebut bahwa perkuatan tersebut juga sejalan dengan sektor pertanian yang mampu menopang perekonomian.

"Kita bersyukur negara ASEAN menyambut baik inisiatif Indonesia untuk memperkuat komitmen seluruh sektor terkait dalam upaya penguatan integrasi ketahanan pangan melalui ASEAN Leaders Declaration on Strengthening Food Security," jelasnya.

Baca Juga: Ancaman Krisis Pangan Global Tidak Terelakkan, Fadel Muhammad Imbau Pemerintah Segera Terapkan Strategi Antisipasi

Dia menilai pertemuan tersebut merupakan upaya yang menjadi prioritas bersama untuk membangun priority economic development (PED) yang digagas Indonesia untuk keketuaannya di ASEAN 2023 nanti. Kasdi menyebut, usulan PED juga sejalan dengan arahan Presiden untuk memfokuskan kekuatan Indonesia dalam menghadapi tantangan krisis pangan dan energi.

"Selanjutnya guna mengoptimalkan panduan tersebut, pertemuan ini telah menyepakati usulan Indonesia untuk menyusun Implementation Roadmap of Guidelines on Sustainable Agriculture sebagai salah satu prioritas kerja AMAF tahun 2023 mendatang," katanya.

Baca Juga: Ekonomi Terus Membaik, BCA Optimistis Kredit Konsumer Tumbuh Positif

Penulis: Andi Hidayat
Editor: Ayu Almas

Advertisement

Bagikan Artikel: