Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Selamat! Bank Rakyat Indonesia (BRI) Berhasil Sabet Dua Penghargaan dalam Penerapan Bisnis ESG

Selamat! Bank Rakyat Indonesia (BRI) Berhasil Sabet Dua Penghargaan dalam Penerapan Bisnis ESG Kredit Foto: BRI
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk berhasil menyabet dua penghargaan karena keberhasilan dalam mengembangkan bisnis secara berkelanjutan dengan menerapkan prinsip-prinsip ESG (Environmental, Social & Governance). 

Dua penghargaan utama yang diterima BRI adalah Hybrid Banking Strengthening Financial Inclusion Ecosystem dan Integrated Green Economy Program, pada acara IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia (ICAII) 2022, di Jakarta, Kamis (25/8/2022). 



ICAII 2022 memberikan penghargaan kepada emiten dengan kode saham BBRI sebagai perseroan yang menerapkan Integrated Green Economy Program, yakni mengusung aspek Environmental (lingkungan), Social (sosial) dan Governance (Tata Kelola Yang Baik), khususnya dalam menjaga kinerja fundamental perbankan.

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Environmental, Social, & Governance Division Head BRI Y. Ajeng Sekar Putih.

Baca Juga: Inovasi Kuat di Bisnis Wealth Management, BRI Raih Best Bank for Priority Banking dan 3 Penghargaan dari Global Private Banking Award 2022

Sementara itu, terkait upaya merealisasikan hybrid bank, BRI memiliki sumber daya yang sangat memadai. 

Hingga semester I-2022, BRI memiliki branchless network melalui Agen BRILink sebanyak 570.000 di seluruh penjuru Tanah Air. Jumlah ini ditargetkan bisa mencapai 600.000 hingga akhir 2022. 

Pada kesempatan terpisah Direktur Kepatuhan BRI Ahmad Solichin Lutfiyanto mengatakan, rasa terima kasih atas penghargaan yang diberikan tersebut. 

Baca Juga: PLN UIP JBT Gaet Dinsos Bandung Beri Pelatihan Daur Ulang Kertas Bagi Kelompok Disabilitas

“Hal ini membuktikan bahwa perseroan mampu menunjukkan kinerja terbaiknya dalam menerapkan dan mengkomunikasikan aspek ESG kepada masyarakat luas,” ujar Ahmad.

Seperti diketahui, BRI telah menjadi pelopor penerapan prinsip-prinsip keberlanjutan sejak 2013 lalu, di mana untuk pertama kalinya BRI mempublikasikan sustainability report, bahkan sebelum adanya aturan yang mewajibkan perusahaan menerbitkan laporan yang dimaksud. 

Kemudian, BRI juga membentuk unit kerja khusus yang bertanggung jawab atas implementasi ESG dan sustainable finance Perseroan, yaitu Divisi ESG, serta membentuk ESG Committee.

Ke depan, BRI berjanji akan terus mendukung dan mengimplementasikan aspek ESG untuk menjaga pertumbuhan yang berkelanjutan. 

Baca Juga: 81 Perbankan Raih Penghargaan di Indonesia Best Bank Awards 2022 oleh Warta Ekonomi

Pada Juni 2022, BRI pun telah menerbitkan Obligasi Berwawasan Lingkungan Berkelanjutan I Bank BRI atau Green Bond dengan menargetkan penghimpunan dana sebesar Rp 15 triliun, jumlah emisi tahap I di tahun 2022 sebanyak-banyaknya Rp 5 triliun.

Penerbitan Green Bond BRI Tahap I Tahun 2022 tersebut berhasil mencatat kelebihan permintaan (oversubscribed) hingga sebanyak 4,4 kali.

Hasil penghimpunan dana Green Bond tersebut dialokasikan paling sedikit 70% untuk kegiatan usaha atau kegiatan lain yang termasuk dalam kriteria kegiatan usaha berwawasan lingkungan (KUBL) baik yang baru, sedang berjalan, atau telah selesai sesuai dengan kerangka kerja obligasi.

Baca Juga: UMP Jateng Rp1,9 Juta, Ganjar Pranowo Disentil: Buruh dan Rakyat Jateng Aja Tak Sejahtera, Gimana Mau jadi Presiden!

Baca Juga: Asal Muasal Presidential Threshold 20 Persen Gegara Kemenangan SBY di Pilpres 2004, Ini Nih Biang Keroknya

Penulis: Sabrina Mulia Rhamadanty
Editor: Sabrina Mulia Rhamadanty

Advertisement

Bagikan Artikel: