Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Biden Absen, Pemakaman Shinzo Abe bakal Dihadiri Kamala Harris karena...

Biden Absen, Pemakaman Shinzo Abe bakal Dihadiri Kamala Harris karena... Kredit Foto: Reuters/Evelyn Hockstein
Warta Ekonomi, Washington -

Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris akan melakukan perjalanan ke Tokyo akhir bulan ini untuk menghadiri pemakaman mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe.

"Kunjungannya akan menghormati warisan Perdana Menteri Abe dan menggarisbawahi pentingnya kepemimpinannya dalam memperjuangkan aliansi antara Amerika Serikat dan Jepang dan memajukan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka," sekretaris pers Harris, Kirsten Allen, mengatakan kepada Reuters.

Baca Juga: Terkuak Rincian Anggaran Pemakaman Shinzo Abe Senilai Lebih dari Rp170 Miliar, Paling Besar Dihabiskan Untuk Ini!

Abe, pemimpin terlama di Jepang modern, ditembak mati dari jarak dekat selama kampanye pada 8 Juli.

Kunjungan dari 25-29 September menandai perjalanan kedua Harris ke Asia.

Pada Agustus 2021, ia mengunjungi Singapura dan Vietnam untuk meningkatkan hubungan ekonomi dan keamanan dengan kedua negara.

Itu terjadi pada saat Gedung Putih Biden bertujuan untuk memfokuskan kembali strategi kebijakan luar negeri AS untuk bersaing dengan pengaruh ekonomi China yang meningkat daripada terus memerangi konflik panjang dua dekade di Afghanistan.

Selama perjalanan, Harris menegur China dan berusaha memperkuat citra Amerika Serikat sebagai sekutu yang kredibel bagi negara-negara di kawasan itu.

Dia juga mengatakan Amerika Serikat menyambut baik persaingan dan tidak mencari konflik dengan Beijing, tetapi akan berbicara tentang isu-isu seperti sengketa maritim di Laut Cina Selatan.

Pertemuannya dengan pejabat senior pemerintah di Tokyo dan Korea Selatan bulan ini akan fokus pada kepentingan ekonomi dan keamanan bersama Amerika di kawasan itu dan menunjukkan komitmennya terhadap Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka, kata Allen.

Baca Juga: Anies Baswedan Resmikan Sekolah Net Zero Carbon dengan Anggaran Rp126 Miliar, Eh Langsung Disemprot: Program Gak Bermanfaat!

Editor: Muhammad Syahrianto

Advertisement

Bagikan Artikel: