Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Siap-siap! Mensos Siapkan Rp400 Miliar Untuk Bansos Anak Yatim-Piatu, Lansia dan Disabilitas

Siap-siap! Mensos Siapkan Rp400 Miliar Untuk Bansos Anak Yatim-Piatu, Lansia dan Disabilitas Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Sosial Tri Rismaharini menyampaikan tengah mempersiapkan pemberian bantuan kepada beberapa golongan masyarakat di Indonesia. Total bansos yang diberikan sekitar Rp 400 miliar. 

Dana ini adalah tambahan anggaran dari Kementerian Keuangan yang akan dibagi menjadi bantuan sosial kepada anak yatim piatu, warga lanjut usia (lansia), dan juga penyandang disabilitas.

Ia menjelaskan, Kemensos menargetkan pemberian bansos kepada 946.863 anak yatim piatu. Bantuan akan mulai dicairkan pada Desember nanti. Tiap anak nantinya akan mendapatkan Rp 200 ribu per bulan.

Baca Juga: Mulai Desember, Anak Yatim-Piatu akan Dapat Bansos dari Kemensos Rp200 Ribu Perbulan

“Kami juga mendapatkan tambahan anggaran dari Kementerian Keuangan itu sebesar Rp 400 miliar sekian. Itu akan kami gunakan untuk di bulan Desember kami akan menyerahkan kurang lebih sekitar targetnya anak yatim piatu sebesar 946.863 anak, per anak Rp200 ribu per bulan,” jelas Risma saat memberikan keterangan pers bersama Presiden dan Menteri Ketenagakerjaan di Istana Presiden, Jakarta, Jumat (16/9/2022).

Selain itu, Kemensos juga mengusulkan pemberian bantuan kepada 334.011 warga lanjut usia (lansia) tunggal yang berusia di atas 80 tahun. 

Bantuan tersebut diberikan hanya kepada lansia yang sudah tak berdaya dan tak memiliki keluarga sebesar Rp 21 ribu per hari.

Baca Juga: Agar Bansos Tepat Sasaran, BPS Gulirkan Regsosek 2022

Risma mengatakan, bantuan untuk lansia ini nantinya akan dititipkan kepada pengurus RT/RW setempat. 

“Kami usulkan adalah lansia tunggal di atas usia 80 tahun yang mereka tidak ada yang merawat, sendiri, jumlahnya 334.011 jiwa. Itu kita berikan makanan setiap hari, nanti uangnya bisa dititipkan ke pak RT pak RW untuk mereka setiap hari memberikan makanan terutama lansia yang mereka sudah tidak berdaya dan dia tidak ada keluarganya,” jelas dia.

Baca Juga: Bansos untuk Amankan APBN dan Daya Beli Masyarakat

Kemudian, Kemensos juga akan memberikan bantuan untuk penyandang disabilitas. Bantuan akan mulai diserahkan pada Desember nanti sebesar Rp 21 ribu per hari. Kemensos menargetkan sebanyak 98.934 penyandang disabilitas akan menerima bantuan ini. 

“Jadi nilainya per harinya Rp 21 ribu sesuai dengan jumlah harinya," ujar Risma.

Baca Juga: UMP Jateng Rp1,9 Juta, Ganjar Pranowo Disentil: Buruh dan Rakyat Jateng Aja Tak Sejahtera, Gimana Mau jadi Presiden!

Baca Juga: Asal Muasal Presidential Threshold 20 Persen Gegara Kemenangan SBY di Pilpres 2004, Ini Nih Biang Keroknya

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Editor: Sabrina Mulia Rhamadanty

Advertisement

Bagikan Artikel: