Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

BLT Tepat Sasaran Jadi Solusi Atasi Dampak Penyesuaian Harga BBM

BLT Tepat Sasaran Jadi Solusi Atasi Dampak Penyesuaian Harga BBM Kredit Foto: Antara/Mohammad Ayudha
Warta Ekonomi, Jakarta -

Direktur Sekolah Kajian Stratejik Global (SKSG) Universitas Indonesia, Athor Subroto menilai BLT merupakan solusi untuk mengatasi dampak dari penyesuaian harga BBM.

Dia mengatakan BLT dapat menjaga daya beli masyarakat. "Paling tidak, masyarakat tidak kehilangan daya beli," ujar Athor.

Athor Subroto juga mengatakan pengalihan subsidi BBM yang dilakukan pemerintah merupakan langkah baik dan lebih tepat sasaran. Jika dibiarkan, subsidi akan terus dinikmati oleh masyarakat mampu.

Dia melihat distribusi subsidi selama ini masih belum tepat sasaran karena subsidi dalam bentuk barang bisa diperoleh oleh semua kalangan masyarakat. Sebagai makhluk ekonomi, setiap orang berusaha untuk memaksimalkan utilitas.

"Dari situ orang-orang kalangan mampu akan terus mengambil jatah subsidi dan memiliki daya serap lebih besar dibandingkan masyarakat kalangan rentan dan bawah," ujar Athor Subroto.

Jika harga BBM naik pasti akan memiliki dampak domino terhadap sektor lain. Dampak dari inflasi ini harus ditangani dari berbagai sisi, termasuk salah satunya saat ini pemerintah memberikan BLT.

"Ini akan menjadi penyeimbang, di saat akan inflasi maka akan ada bantuan dari pemerintah," ujar Athor.

Baca Juga: Krisis di Inggris Banyak Anak Terpaksa Kunyah Karet Saking Lapar, Praktisi Hukum: Bersyukur Pemerintah Indonesia Bisa Antisipasi Walau...

Editor: Ferry Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: