Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Sempat Pesimis dengan Masalah Investasi Mangkrak, Bahlil: Saat Ini Sudah Terealisasi Rp584 Triliun

Sempat Pesimis dengan Masalah Investasi Mangkrak, Bahlil: Saat Ini Sudah Terealisasi Rp584 Triliun Kredit Foto: Martyasari Rizky
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengungkapkan bahwa masalah investasi mangkrak yang belakangan menjadi perhatian kini mulai terselesaikan. Ia menyampaikan, dari total Rp708 triliun investasi mangkrak, saat ini sudah terealisasi sebesar Rp584 triliun.

"Investasi mangkrak yang dari Rp708 triliun, sudah terealisasi Rp584 triliun. Selebihnya itu masih dalam proses, sebagian ini mungkin tidak bisa kita lakukan," kata Bahlil saat konferensi pers di kantornya, Jakarta, Senin (26/9/2022).

Baca Juga: Dorong Hilirisasi Indonesia, Bahlil Tak Akan Izinkan Ekspor Jika Tidak Miliki Smelter

"Rp100 triliun lebihnya masih kami proses," imbuhnya.

Lebih lanjut, Bahlil membeberkan alasan mengapa total investasi sebesar Rp708 triliun tersebut bisa mangkrak. Hal ini disebabkan banyak pengusaha menunda realisasi investasinya karena pandemi Covid-19.

"Bukan kendala izin, melainkan banyak pengusaha yang akibat Covid sebagian menunda realisasi investasinya," ujar Bahlil.

Ia mengakui, upaya dalam penyelesaian investasi mangkrak bukan perkara mudah. Sebelumnya, ia juga sempat pesimis investasi mangkrak di Indonesia dapat terselesaikan.

"Investornya, mungkin tadinya kondisi perusahaannya bagus, di era Covid-19 dan kondisi global yang tidak menentu, akhirnya dia kekurangan pembiayaan internal," kata Bahlil.

Baca Juga: Jreng! Soal Elektabilitas Anies Meduduki Posisi Kedua, Yunarto Wijaya: Terlihat Sekali Partai NasDem Manfaatkan Momentum

Penulis: Martyasari Rizky
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Advertisement

Bagikan Artikel: