Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Allianz Life Indonesia Ingatkan Pentingnya Literasi Keuangan bagi UMKM

Allianz Life Indonesia Ingatkan Pentingnya Literasi Keuangan bagi UMKM Kredit Foto: BRI
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Asuransi Allianz Life Indonesia mengingatkan pentingnya literasi keuangan dan asuransi bagi para pelaku UMKM. Sebab, literasi keuangan dan asuransi dianggap memiliki pengaruh terhadap pertumbuhan bisnis, yakni melalui pengelolaan keuangan yang tepat.

"Di Allianz, kami selalu mendukung upaya untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai perlindungan asuransi, terutama di masa pandemi ketika kesadaran akan pentingnya kesehatan telah meningkat dengan signifikan," kata Danis Samagan, Head of Digital, Credit Life & Emerging Consumer Allianz Life Indonesia, dalam keterangan tertulis, Senin (26/9/2022).

Kondisi kehidupan yang tidak terduga dapat menjadi pemicu tidak seimbangnya keuangan. Oleh karena itu, pelaku UMKM perlu memahami piramida pengelolaan keuangan berdasarkan skala prioritas pencatatan keuangan, yaitu uang masuk dan uang keluar.

Baca Juga: Presdir Allianz Life Indonesia Yakin Digitalisasi Jadi Kunci Optimalisasi Layanan Asuransi

Selain itu, pelaku UMKM juga perlu mempersiapkan dana darurat, keamanan keuangan dengan mengenal instrumen diversifikasi risiko keuangan, akumulasi dan distribusi kekayaan, serta pemahaman mengenai pentingnya perlindungan asuransi, sebagai salah satu komponen dalam perencanaan keuangan. 

Danis mengungkapkan pemahaman mengenai perlindungan asuransi selalu menjadi bagian dari literasi keuangan yang penting untuk diberikan secara masif ke masyarakat.

"Perlindungan asuransi itu penting, khususnya terkait kelangsungan bisnis yang dirintis oleh para pelaku UMKM di saat pandemi seperti saat ini, agar jika terjadi risiko pada para pelaku UMKM, diharapkan keluarga yang ditinggalkan dapat meneruskan bisnis UMKM yang dijalankan," tambah Danis.

"Kami yakin masyarakat Indonesia dapat mewujudkan kehidupan yang lebih baik di masa depan, dengan memiliki pengetahuan mengenai pengelolaan keuangan dan pentingnya memiliki produk asuransi," tuturnya.

Baca Juga: OJK Bakal Evaluasi Semua Produk Saving Plan di Industri Asuransi

Baca Juga: Lihat Anies Pakai Private Jet, Ferdinand Hutahean: Dia Salah Satu Oligarki Migas?

Penulis: Imamatul Silfia
Editor: Rosmayanti

Advertisement

Bagikan Artikel: