Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Presdir Allianz Life Indonesia Yakin Digitalisasi Jadi Kunci Optimalisasi Layanan Asuransi

Presdir Allianz Life Indonesia Yakin Digitalisasi Jadi Kunci Optimalisasi Layanan Asuransi Kredit Foto: Allianz Indonesia
Warta Ekonomi, Jakarta -

Sebagai salah satu pemain asuransi di Indonesia, Allianz Life Indonesia terus berupaya untuk meningkatkan penetrasi asuransi di dalam negeri. Perusahaan naungan Allianz Group ini resmi berdiri di Indonesia pada 1981. Allianz kemudian mendirikan perusahaan asuransi umum PT Asuransi Allianz Utama Indonesia pada 1989 dan perusahaan asuransi jiwa PT Asuransi Allianz Life Indonesia pada 1996. Kemudian, di tahun 2006, keduanya mulai menjalan bisnis asuransi syariah. Sejak itu, perusahaan terus berinovasi untuk memberikan layanan yang optimal kepada masyarakat Indonesia.

Guna mengembangkan layanan operasional Perusahaan di Indonesia, Allianz memberikan kepercayaan kepada David Nolan untuk memimpin Allianz Life Indonesia pada 2021 lalu. Dalam kepemimpinannya, David mengedepankan digitalisasi dalam setiap aspek layanan dan operasioanl Perusahaan. Dia meyakini digitalisasi mampu memberikan pelayanan yang optimal, baik untuk nasabah maupun di kalangan karyawan Perusahaan sendiri.

Guna mengetahui lebih lanjut mengenai Allianz Life Indonesia serta kepemimpinan David, berikut kutipan wawancara tim redaksi Warta Ekonomi dengan President Director Allianz Life Indonesia, David Nolan.

Baca Juga: Direktur Allianz: Destinasi Wisata & Konser di Luar Negeri Makin Marak, Pastikan Asuransi Perjalanan Melindungi Anda

Bagaimana Anda melihat tren asuransi di Indonesia pada 2022? Apakah ada celah yang dapat menjadi peluang bagi Allianz Life Indonesia untuk mengisi kekosongan itu?

Penetrasi asuransi di Indonesia masih sangat rendah jika dibandingkan dengan negara lain. Berdasarkan data OJK tahun 2019, indeks literasi asuransi di Indonesia baru mencapai 19,4%. Sedangkan tingkat penetrasi asuransi berdasarkan data OJK bulan Juli 2021, masih sangat rendah di angka 3,11%. Tentunya ada peluang yang jelas untuk membantu lebih banyak masyarakat Indonesia, dan Allianz terus merangkul berbagai komunitas serta segmen pasar untuk mengedukasi mereka tentang pentingnya perlindungan asuransi.

Indonesia adalah negara dengan ekonomi yang berkembang, yang kaya akan budaya dan demografi yang kuat. Penggunaan solusi digital dan pertumbuhan perusahaan digital sangat mengesankan. Hal ini jelas menunjukkan bahwa Indonesia akan menjadi pemimpin di bidang ini ke depannya. Terjadinya Covid juga menunjukkan betapa pentingnya perlindungan asuransi bagi individu dan keluarga, sehingga saya melihat akan terjadi peningkatan penetrasi asuransi di masa depan. Oleh karena itu, penting bagi kami untuk terus berinovasi dalam membuat produk yang lebih mudah diakses oleh nasabah. Kami akan terus memberikan layanan dengan cara yang paling nyaman bagi nasabah. Selain itu, menjaga reputasi positif terhadap brand kami tetaplah penting, karena bisnis kami didasarkan pada kepercayaan nasabah.

Perusahaan gencar bertransformasi digital belakangan, menurut Anda, mengapa digitalisasi menjadi begitu penting dalam bisnis asuransi? 

Inovasi digital kami telah memungkinkan kami untuk mempertahankan keunggulan layanan, memasuki pasar baru, meningkatkan pengalaman nasabah kami, dan mengurangi risiko yang ditimbulkan oleh pandemi. Selain itu, inisiatif kami untuk mengkomunikasikan produk dan layanan digital kepada nasabah telah membuahkan hasil yang positif. Misalnya, dengan Allianz eAZy Connect, nasabah dapat mengakses semua informasi polis dan mengajukan klaim asuransi kesehatan melalui portal online. Hasilnya, nasabah kami menunjukkan apresiasi dengan memberi kami peringkat kepuasan pelanggan tertinggi.

Teknologi juga penting dan berperan besar, karena nasabah yang telah mencoba layanan digital kami lebih puas daripada mereka yang belum mencoba layanan digital kami. Dengan banyaknya masyarakat Indonesia yang memiliki akses terhadap teknologi seperti ponsel pintar, memberikan peluang bagi kami untuk menyediakan akses dan layanan. Dengan demikian, hal ini memotivasi kami untuk terus berinovasi menciptakan kenyamanan bagi nasabah kami.

Perusahaan mencatatkan kinerja positif pada 2021. Untuk meningkatkan kinerja perusahaan di tahun ini, strategi apa yang sedang dipersiapkan oleh perusahaan? 

Fokus kami adalah untuk selalu melindungi lebih banyak masyarakat Indonesia. Kami akan terus berinovasi dan memberikan solusi yang dapat memenuhi kebutuhan nasabah kami. Dengan penetrasi asuransi yang masih terbatas di Indonesia, kami juga akan tetap fokus memberikan edukasi mengenai pentingnya perlindungan asuransi dan informasi produk asuransi secara berkala kepada nasabah juga masyarakat. Selain itu, kami juga akan terus fokus pada unit usaha syariah untuk bertumbuh lebih besar lagi.

Kami tetap optimis dan akan terus mengoptimalkan berbagai saluran distribusi dan memaksimalkan ekosistem digital, untuk memberikan lebih banyak pilihan bagi kenyamanan nasabah kami, dalam mengakses produk dan layanan asuransi. Kami juga akan terus mempertahankan kepercayaan nasabah dengan terus memberikan excellence service.

Selain digitalisasi, yang juga menjadi tren bisnis belakangan adalah prinsip berkelanjutan. Bagaimana komitmen perusahaan terhadap prinsip ini? 

Allianz Indonesia merupakan bagian dari Allianz Group yang telah diakui sebagai Leading Sustainable Insurer oleh Dow Jones Sustainability Index 2021. Keberlanjutan penting karena sejalan dengan tujuan kami: "Melindungi masa depan Anda (we secure your future)". Kami ingin memastikan bahwa bisnis kami berkontribusi dalam memberikan dampak positif pada isu-isu yang penting bagi masa depan masyarakat dan planet tempat kita tinggal.

Komitmen kami terhadap prinsip keberlanjutan dapat dilihat dari rencana kami untuk meningkatkan keamanan finansial, membina komunitas yang lebih baik, mengelola jejak operasi berkelanjutan kami, dan semua itu mendasari komitmen kami untuk menjadi organisasi yang bertanggung jawab dan terpercaya. Selain itu, kami juga merangkul keragaman dalam masyarakat, menciptakan peluang yang sama, menerapkan tata kelola perusahaan, dan menawarkan pengalaman luar biasa kepada nasabah kami.

Dengan pemahaman bahwa aktivitas kami memberikan dampak positif pada lingkungan, kami berkomitmen untuk menjalankan kegiatan bisnis sehari-hari secara bertanggung jawab, seperti dengan menyediakan e-policy dan layanan online bagi nasabah. Kami juga berusaha untuk menggunakan energi dan sumber daya air secara efisien. Komitmen kami adalah menciptakan bisnis yang berkelanjutan karena kami ingin memberikan dunia yang lebih baik untuk generasi mendatang.

Baca Juga: Dukung Ekonomi Hijau, BRI Hadirkan Green Building di Kantor Cabang

Penulis: Imamatul Silfia
Editor: Rosmayanti

Advertisement

Bagikan Artikel: