Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Sektor Pangan Indonesia Masih Hadapi Ketimpangan, Petani Jadi Korban Utama

Sektor Pangan Indonesia Masih Hadapi Ketimpangan, Petani Jadi Korban Utama Kredit Foto: EdenFarm
Warta Ekonomi, Jakarta -

Sektor pangan di Indonesia masih menghadapi ketimpangan, khususnya bagi para petani yang menjadi pelaku utama dalam sektor tersebut.

Hal itu diungkapkan oleh David Setyadi Gunawan, CEO PT Eden Pangan Indonesia (EdenFarm). Dalam keterangannya, ia mengatakan perusahaan melihat adanya ketimpangan harga pangan dan pendapatan petani akibat rantai pasok yang tidak efisien. Selain itu, perusahaan juga melihat terjadinya hasil produksi yang tidak konsisten dan harga yang tidak transparan.

Kondisi tersebut yang akhirnya memancing EdenFarm untuk andil dalam pengembangan sektor pangan di Indonesia.

Baca Juga: Strategi Kunci Unifam Hadapi Krisis Global: Inovasi, Efisiensi, Efektivitas

“EdenFarm bermitra dengan lebih dari 4.000 petani di seluruh Pulau Jawa, untuk menyerap komoditas petani dengan kepastian permintaan dan komitmen pembayaran selambatnya H+2 sejak barang diterima,” kata David, Selasa (27/9/2022).

Krisis sektor pangan juga diakui oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Pada BUMN Startup Day yang bertajuk Action and Collaboration to Take Out Ecosystem Forward, Senin (26/9/2022), Jokowi mengungkapkan masalah krisis pangan akan menjadi persoalan besar yang harus dipecahkan oleh teknologi. Oleh karena itu, dia mendorong para startup teknologi Indonesia untuk turut berkontribusi dalam penyelesaian masalah pangan dalam negeri.

“Itu adalah kesempatan, itu adalah peluang, dan agriculture hanya sekitar 4 persen,” ujar Jokowi.

Sebagai informasi, EdenFarm melayani industri B2B (business-to-business) dengan ekosistem pangan berbasis teknologi, menciptakan pasar tanpa harga spekulatif, dan meningkatkan kesejahteraan para petani lokal. Startup ini didukung oleh YCombinator, AC Ventures, Trihill Capital, OCBC Ventures, Investible, Corin Capital, Global Founders Capital, dan investor global lainnya.

Baca Juga: Prabowo Subianto Berapi-api Suruh Cari Pemimpin yang Cerdas dan Berani: Bukan yang Planga-plongo Tak Bisa Memimpin!

Penulis: Imamatul Silfia
Editor: Rosmayanti

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: