Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Sukses Hadapi Disrupsi Digital, CFO EdenFarm Dinobatkan Jadi Indonesia Best CFO Awards 2022

Sukses Hadapi Disrupsi Digital, CFO EdenFarm Dinobatkan Jadi Indonesia Best CFO Awards 2022 Kredit Foto: Dok. Panpel
Warta Ekonomi, Jakarta -

Startup rantai pasok pangan B2B, EdenFarm kembali membuktikan pesona eksistensinya. Pasalnya, Chief Financial Officer (CFO) sekaligus Co-Founder EdenFarm, Ramavito Mountaino, berhasil meraih penghargaan CFO terbaik dari SWA Media, dimana EdenFarm merupakan satu-satunya perusahaan startup dari daftar pemenang Top 10 Indonesia Best CFO Awards 2022. Simbolisasi penghargaan diselenggarakan secara daring dengan tema "The New CFO Roles as Business Transformer and Growth Initiator" Kamis (17/11), dan dibuka dengan sambutan dari Group Chief Editor SWA Media, Kemal E. Gani.

"Harus diakui para CFO selama dua tahun ini telah mampu membuktikan dapat membawa perusahaan pada masa-masa yang berat dan penuh tantangan, termasuk disrupsi digital dan pandemi Covid-19," ujar Kemal. Kemal juga menyampaikan bahwa ke depannya CFO akan dihadapkan dengan tantangan yang semakin besar, dengan kondisi ekonomi yang cenderung memburuk, serta tuntutan untuk menjalankan bisnis yang berkelanjutan. "Dengan peran dan tanggung jawab yang semakin banyak, posisi CFO menjadi semakin strategis dan menjadi salah satu penentu utama dalam kemajuan suatu perusahaan," tambahnya.

Baca Juga: LinkAja Jalin Kolaborasi dengan EdenFarm dan Feedloop untuk Perluas Ekosistem Digital

Ramavito Mountaino yang akrab dipanggil Vito, berhasil meraih penghargaan Indonesia Best CFO Awards 2022 dengan predikat "Very Good" mendapat perolehan nilai 84.92% yang dikalkulasi dari 4 aspek penilaian yaitu kejelasan identifikasi masalah, strategi dan terobosan untuk mencapai sasaran dan pengaplikasian, hasil (result) serta kecakapan dalam berkomunikasi. Sebagai CFO EdenFarm, Vito telah berhasil menggenjot pertumbuhan revenue dan profitability perusahaan melalui beberapa strategi seperti penerapan harga dengan menyesuaikan seberapa kompleks rantai pasok di area tersebut, memprioritaskan produk high-margin dan fokus pelanggan, melakukan monitoring dan penyelerasan metrics perusahaan secara berkala, serta melakukan restrukturisasi organisasi.

Sebagai catatan, dengan berbagai strategi tersebut, EdenFarm berhasil meraih pendanaan sebesar USD21juta selama 2 tahun terakhir. "Dalam dua tahun terakhir kami sudah berhasil bertahan dan kami akan selalu bertumbuh baik secara revenue namun juga diimbangi dengan perkembangan gross margin dan profitability yang sehat melalui inovasi teknologi dan kolaborasi berkelanjutan bersama para petani," ujar Vito. Selain bertanggung jawab terhadap keuangan perusahaan, di EdenFarm Vito juga memastikan fungsi-fungsi di bawah kepemimpinannya, seperti Accounting & Pricing, Tax, Internal Audit, Legal, hingga People & Culture siap menopang pertumbuhan bisnis.

Baca Juga: Nilai Wacana Duet Anies Baswedan dan Gibran Cuma Angin Lewat, PKS Tegaskan: Hanya Aher atau AHY!

Dalam pidato singkatnya saat penyerahan penghargaan Indonesia Best CFO Awards 2022, Vito menyampaikan apresiasinya untuk seluruh dewan juri. "Mendapat penghargaan ini merupakan kebanggan bagi saya, sebagai bagian dari suatu startup, karena disandingkan dengan CFO dan champions yang sudah jauh lebih lama dari kami secara pengalaman. Tidak mudah bagi startup menghadapi 2 tahun terakhir ini, namun dengan kerja keras tim kami dapat bertumbuh. Saya berharap dengan eksistensi startup di ajang penghargaan semacam ini, dapat menjadi motivasi bagi startup lain untuk terus berkembang dan mendigitalisasi industri-industri yang ada di Indonesia," tutup Vito.

Baca Juga: Pendukung Jokowi Puji Pj Gubernur Karena Bisa Selesaikan Audit Formula E: Hampir 1 Tahun Selesai Tapi Auditnya Baru Selesai di Era Heru

Editor: Aldi Ginastiar

Advertisement

Bagikan Artikel: