Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kekuatan Digitalisasi dan Penggunaan Internet yang Menjembatani Jarak

Kekuatan Digitalisasi dan Penggunaan Internet yang Menjembatani Jarak Kredit Foto: Unsplash/ Austin Distel
Warta Ekonomi, Jakarta -

Teknologi internet dan digitalisasi memungkinkan interaksi dan segala proses komunikasi dilakukan tanpa memandang jarak dan waktu, bahkan lintas budaya maupun geografis. Hal ini dapat diaplikasikan saat orang berjualan di marketplace yang kini pangsa pasarnya bisa menjangkau seluruh Indonesia. 

"Bahkan bukan hanya seluruh Indonesia, seluruh dunia pun bisa jualan. Kita bisa mendapatkan akses ke sana dan kirim pesan hanya dari ketikan langsung bisa dibaca. Inilah digital power, tanpa batas, ruang, dan waktu," ujar Head of Creative Visual Brand Hello Monday Morning, Andry Hamida saat webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk kelompok komunitas dan masyarakat di wilayah Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur pada Selasa (27/9/2022). 

Baca Juga: Gawai Memengaruhi Kemampuan Digitalisasi Seseorang

Dibandingan dulu tentu pemasaran barang saat ini sangatlah mudah, semua orang bahkan akan mengingat bagaimana konsep door to door yang mendatangi pembeli di tiap rumah. Namun sekarang, bahkan hanya dengan satu tombol saja seribu orang akan melihat di TikTok, Instagram dan saluran lainnya. Dengan banyak yang melihat produk tentu kesempatan untuk melakukan pembelian dari digital marketing sangatlah besar.

Dia pun berbagi tips agar konten bisa mendapatkan jumlah view yang banyak agar memengaruhi jumlah produk terjual. Seperti dengan menjadikan produk mudah ditemukan, contoh lain dengan menjadikan produk ada di berbagai platfom dan terlihat menarik dengan unggahan fotonya serta memiliki kesan yang spesial dengan mengambil waktu promosi saat ada momen.

Lalu pemilihan platform digital juga akan memengaruhi, Andri mengatakan saat ini ada dua penguasa media sosial yang tren yaitu Instagram dan TikTok. Untuk TikTok yang sedang naik daun, sangat bagus digunakan memperkenalkan brand maupun produk. Sementara Instagram bisa digunakan untuk menunjukkan profesionalitas dan hubungan yang lebih dekat dengan pelanggan. 

Baca Juga: Cegah Diri Termakan Hoax, Begini Cara Periksa Fakta dan Informasi di Internet

Webinar #MakinCakapDigital 2022 untuk kelompok komunitas dan masyarakat di wilayah Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi. 

Kali ini hadir pembicara-pembicara yang ahli di bidangnya antara lain Head of Creative Visual Brand Hello Monday Morning, Andry Hamida, Guru Dharma Wanita I dan Relawan RTIK, Jawa Timur, Ika Rahmawati, serta Direktur Jeniuz Edu dan Relawan TIK Tulungagung, Arif Nuraini. Untuk informasi lebih lanjut mengenai program Makin Cakap Digital hubungi info.literasidigital.id dan cari tahu lewat akun media sosial Siberkreasi atau instagram @literasidigitalkominfo.

Baca Juga: Bank Mandiri Bidik Penyaluran Kredit Tumbuh Hingga 12% pada 2023

Editor: Ayu Almas

Advertisement

Bagikan Artikel: