Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jangan Mau Ketinggalan Zaman, Upgrade Kemampuan Digitalmu Sekarang!

Jangan Mau Ketinggalan Zaman, Upgrade Kemampuan Digitalmu Sekarang! Kredit Foto: Unsplash/Tran Mau Tri Tam
Warta Ekonomi, Jakarta -

Digital skill menjadi dasar kemampuan seseorang di era yang serba teknologi dan memanfaatkan internet pada hampir setiap aktivitas. HootSuit dan We Are Social pun melaporkan pada awal 2022 pengguna internet mencapai 204,7 juta atau 73,7 persen dari populasi penduduk. 

"Ini artinya tiga perempat penduduk Indonesia sudah memakai internet dan trennya pengguna terus meninggat setiap tahun," kata Enterpreneur dan Digital Marketer, Lim Sau Liang, saat webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk kelompok komunitas dan masyarakat di Kabupaten Kediri, Jawa Timur pada Kamis (29/9/2022).

Baca Juga: Potensi Buruk Internet Tanpa Pengetahuan Keamanan Digital

Dengan fakta tersebut maka bisa dibayangkan bagaimana jika kehidupan yang sudah selalu terhubung internet namun belum diimbangi digital skill yang cukup. Lim mengatakan, akhirnya pemanfaatan internet menjadi tidak maksimal sementara pemakaiannya kini kian masif, individu yang tidak memiliki digital skills otomatis akan tertinggal. 

Padahal ada begitu banyak potensi internet yang bisa memudahkan penggunanya. Lebih jauh Lim mengatakan alasan kedua agar menguasai digital skills, karena saat ini orang-orang memanfaatkan internet untuk banyak hal utamanya mencari informasi, ide dan sumber inspirasi. Selain fungsi utamanya untuk tetap terhubung dengan orang terdekat seperti keluarga. 

Kemudian dengan banjirnya informasi di era serba internet, maka kemampuan digital seperti memverifikasi pesan sangatlah penting. Tujuannya agar jangan sampai pengguna dengan mudahnya menyebarkan berita yang belum dicari tahu kebenarannya. Sebab saat ini perkembangan internet juga dimanfaatkan orang-orang teretentu untuk menyebarkan hoaks atau berita bohong dengan berbagai kepentingan. 

Kemampuan digital skills lainnya tak kalah penting, termasuk menggunakan mesin pencarian, aplikasi perpesanan, dompet digital untuk transaksi keuangan, yang semuanya akan terus berkembang dengan pemutakhiran teknologi baru lainnya. Sehingga diharapkan pengguna internet di Indonesia cerdas dalam menyikapi perkembangan ini dan dengan mudah bisa beradaptasi. 

Webinar #MakinCakapDigital 2022 untuk kelompok komunitas dan masyarakat di wilayah Kabupaten Kediri, Jawa Timur merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siber Kreasi. 

Kali ini hadir pembicara-pembicara yang ahli dibidangnya untuk berbagi terkait budaya digital antara lain Enterpreneur dan Digital Marketer, Lim Sau Liang, Dosen Fikom Universitas Dr. Soetomo, Nur'annafi Farni Syam, serta Relawan TIK Tulungagung, Arif Nuraini. Untuk informasi lebih lanjut mengenai program Makin Cakap Digital 2022 hubungi info.literasidigital.id dan cari tahu lewat akun media sosial Siberkreasi atau instagram @literasidigitalkominfo.

Baca Juga: Adira Finance, MUF Hingga FIFGroup Siap Pacu Pembiayaan Kendaraan Listrik di 2023

Editor: Lestari Ningsih

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: