Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Militer Korea Selatan: Rudal Balistik Diluncurkan Korea Utara ke Arah Timur

Militer Korea Selatan: Rudal Balistik Diluncurkan Korea Utara ke Arah Timur Kredit Foto: AP Photo/Lee Jin-man
Warta Ekonomi, Seoul -

Korea Utara menembakkan rudal balistik jarak menengah (IRBM) ke arah timur pada Selasa (4/10/2022), kata militer Korea Selatan.

Kepala Staf Gabungan (JCS) mengatakan pihaknya mendeteksi peluncuran dari Mupyong-ri di provinsi utara Jagang pada pukul 7:23 pagi dan bahwa rudal itu terbang melewati Jepang. Itu tidak memberikan rincian tambahan.

Baca Juga: Rudal-rudal Balistik Korea Utara Gemparkan Amerika, Jepang, dan Korea Selatan

"Sambil memperkuat pemantauan dan kewaspadaan kami, militer kami mempertahankan postur kesiapan penuh dalam kerja sama erat dengan Amerika Serikat," kata JCS dalam pesan teks yang dikirim kepada Yonhap.

Peluncuran ini menandai yang kelima dari jenisnya sejak akhir bulan lalu. Pyongyang terakhir menembakkan IRBM pada Januari. Rudal tipe 12 Hwasong terbang sekitar 800 kilometer di ketinggian 2.000 km.

Korea Utara meluncurkan satu rudal balistik jarak pendek (SRBM) pada 25 September, lalu dua pada Rabu (28/9/2022) lalu, dua lagi pada hari berikutnya dan dua pada Sabtu (1/10/2022).

Serangan pedang terbaru terjadi setelah Seoul dan Washington menyelesaikan latihan angkatan laut mereka, yang melibatkan kapal induk USS Ronald Reagan, dan latihan trilateral anti-kapal selam dengan Jepang pekan lalu.

Korea Selatan, AS, dan Jepang telah memperkuat koordinasi keamanan bilateral dan trilateral di tengah kekhawatiran bahwa Korea Utara dapat meningkatkan ketegangan dengan melakukan uji coba nuklir atau tindakan provokatif lainnya.

Baca Juga: Lihat Anies Pakai Private Jet, Ferdinand Hutahean: Dia Salah Satu Oligarki Migas?

Editor: Muhammad Syahrianto

Advertisement

Bagikan Artikel: