Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Diplomat Top Amerika: Jalan yang Diambil Korea Utara Benar-benar di Luar Nalar

Diplomat Top Amerika: Jalan yang Diambil Korea Utara Benar-benar di Luar Nalar Kredit Foto: Reuters
Warta Ekonomi, Washington -

Diplomat top Amerika Serikat menggambarkan penembakan rudal balistik Korea Utara di atas Jepang pada Selasa (4/10/2022) sebagai "disayangkan" dan "tidak stabil".

Daniel Kritenbrink, asisten sekretaris Departemen Luar Negeri untuk urusan Asia Timur dan Pasifik, mengatakan jalan untuk dialog tetap terbuka, sambil berjanji untuk membela Korea Selatan dan Jepang dengan semua kekuatan AS.

Baca Juga: Pakar Kantongi Jenis Rudal Balistik yang Ditembakkan Korea Utara ke Arah Jepang, Ngeri!

"Kami mendesak (Korea Utara) untuk mengambil jalan dialog, berkomitmen untuk diplomasi yang serius dan berkelanjutan, dan menahan diri dari kegiatan destabilisasi lebih lanjut," kata Kritenbrink pada acara daring yang diselenggarakan oleh Institute for Corean-American Studies.

Namun Kritenbrink menegaskan bahwa China perlu berbuat lebih banyak untuk memerangi penghindaran sanksi oleh Korea Utara di perairan pantainya, dan bahwa Beijing dan Rusia harus bekerja untuk menutup jaringan pengadaan Pyongyang.

"Sayangnya ... satu-satunya tanggapan yang kami lihat sejauh ini adalah peningkatan jumlah peluncuran rudal balistik dan tindakan provokatif lainnya," katanya.

"Ini bukan jalan yang produktif ke depan, baik untuk Korea Utara maupun untuk kita semua," imbuh Kritenbrink.

Kritenbrink mengulangi penilaian AS bahwa dimulainya kembali uji coba bom nuklir oleh Korea Utara untuk pertama kalinya sejak 2017 kemungkinan besar hanya menunggu keputusan politik.

Dia mengatakan tindakan "berbahaya" seperti itu akan mewakili "eskalasi serius yang akan secara serius mengancam stabilitas dan keamanan regional dan internasional."

"Adalah kepentingan terbaik masyarakat internasional untuk memastikan DPRK tahu bahwa tindakan seperti itu akan mendapat kecaman dengan suara bulat, bahwa satu-satunya jalan menuju perdamaian dan stabilitas jangka panjang adalah negosiasi," katanya, merujuk pada Korea Utara sebagai DPRK.

Baca Juga: Waduh! Berniat Usulkan Ganjar, Politikus PDIP Ini Minta PAN Berhati-hati

Editor: Muhammad Syahrianto

Advertisement

Bagikan Artikel: